ADVERTISEMENT

7 Makanan Penghilang Bau Badan yang Bikin Kamu Makin Percaya Diri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Des 2020 09:00 WIB
7 Makanan Penghilang Bau Badan yang Bikin Kamu Makin Percaya Diri
Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages
Jakarta -

Bau badan membuat tingkat percaya diri berkurang. Untuk mengatasinya secara alami, makanan penghilang bau badan ini cocok dikonsumsi rutin.

Masalah bau badan dialami sebagian besar orang. Hal ini berawal dari keringat yang dihasilkan tubuh kemudian bercampur dengan bakteri yang ada di kulit. Tubuh lantas akan melepaskan asam yang berbau.

Untuk mengontrol bau badan, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kebanyakan orang menggunakan deodorant atau bedak pencegah keringat pada area ketiak yang memang paling sering jadi penyebab bau badan.

Namun selain cara dari luar, menghilangkan bau badan bisa juga dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada beberapa makanan penghilang bau badan yang disarankan para ahli.

Makanan-makanan ini mengandung senyawa yang secara alami bisa menyingkirkan bau badan. Kemudian ada juga makanan yang bisa melancarkan pencernaan karena berkaitan dengan pengeluaran aroma tak sedap dari tubuh.

Dikutip dari beberapa sumber, inilah 7 makanan penghilang bau badan yang bagus dikonsumsi rutin:

1. Sayuran hijau

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanFoto: iStock

Makanan penghilang bau badan ini mudah didapat dan penuh nutrisi. Coba konsumsi rutin sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, atau sawi hijau. Jenis sayuran ini tinggi kandungan klorofil.

Klorofil dikaitkan dengan sejumlah manfaat sehat, salah satunya untuk menetralkan senyawa penyebab bau badan di dalam tubuh. Bonus lainnya, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

2. Makanan tinggi serat
Kesehatan pencernaan ternyata berkaitan dengan masalah bau badan. Coba konsumsi makanan tinggi serat untuk melancarkan pencernaan.

Dengan begitu senyawa-senyawa penyebab bau badan yang ada di makanan bisa dibuang lebih cepat lewat kotoran dan yang keluar melalui keringat akan lebih sedikit. Konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian bisa jadi solusi.

3. Buah citrus
Makanan penghilang bau badan ini punya rasa menyegarkan. Kamu bisa mengonsumsi banyak buah citrus seperti jeruk, lemon, atau grapefruit.

Kandungan asam pada buah citrus bantu mendorong aliran air ke seluruh tubuh, yang meminimalkan adanya racun. Selain dimakan dalam bentuk utuh, kamu juga bisa minum jus jeruk atau air lemon di pagi hari sebagai pilihan.

Baca Juga: Ngakak! Pria Ini Diolesi Deodoran Saat Makan Karena Bau Badan

4. Teh herbal

cup of herbal tea with chamomile flowers on a wooden tableFoto: iStock

Teh herbal, terutama peppermint, disebut-sebut sebagai makanan penghilang bau badan yang efektif. Jenis teh ini melancarkan pencernaan sehingga tidak ada hal buruk yang tertinggal di dalam tubuh.

Pilihan lain adalah teh melati. Aroma teh ini bisa membuat aroma tubuh kamu juga lebih segar.

5. Yogurt
Kultur aktif yang ada di dalam yogurt efektif menurunkan jumlah senyawa sulfit penyebab bau badan. Bonus lainnya, vitamin D yang ada dalam yogurt membantu melawan bakteri yang memicu bau mulut.

Sebaliknya, kurangi konsumsi susu kalau kamu ingin bau badan tetap segar. Susu mengandung kolin yang dapat menyebabkan bau badan tak sedap.

6. Ikan
Ikan juga tergolong makanan penghilang bau badan yang bisa kamu jadikan alternatif pengganti daging merah. Sebab konsumsi daging merah seperti daging sapi erat kaitannya dengan bau badan.

Sebuah penelitian pernah mengungkap wanita lebih tertarik pada aroma tubuh pria yang mengonsumsi lebih sedikit daging merah selama dua minggu. Untuk konsumsi ikan, disebut pakar tidak mengeluarkan aroma tak sedap seperti ketika tubuh memetabolisme daging merah.

7. Air putih

Masak Air Pakai Botol Plastik, Trik Tentara untuk Bertahan Hidup di HutanFoto: Getty Images/iStockphoto/zoom-zoom

Terlihat sepele, tapi konsumsi air putih sangat disarankan untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Usahakan mengonsumsi cukup air putih setiap hari agar tubuh bisa mengeluarkan racun penyebab bau badan tak sedap.

Kemudian hindari konsumsi minuman alkohol yang bisa memicu bau badan tak sedap seperti bir. Kurangi juga minum kopi karena kafein bisa menghasilkan bau badan yang tajam.

Baca Juga: Batasi Konsumsi 8 Makanan yang Memicu Bau Badan Ini

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT