ADVERTISEMENT

Batasi Konsumsi 8 Makanan yang Memicu Bau Badan Ini

Devi Setya - detikFood
Rabu, 17 Jan 2018 19:40 WIB
Foto: Independent/Thinkstock
Jakarta - Selain enak, beberapa zat dalam makanan bisa juga menyebabkan bau badan. Sebaiknya batasi atau hindari konsumsi berlebihan.

Dilansir dari This Is Insider (17/1) berikut daftar makanan yang sedikit atau banyak bisa mempengaruhi bau badan Anda. Kurangi konsumsinya demi bau badan tak menyengat.

1. Daging merah
Batasi Konsumsi 8 Makanan yang Memicu Bau Badan IniFoto: iStock
Lewat sebuah penelitian yang dilakukan Chemical Senses tahun 2006, sampel keringat wanita vegetarian lebih memiliki aroma yang segar dibandingkan mereka yang makan daging merah. Hal ini dipengaruhi karena daging merah sulit dicerna sehingga meninggalkan residu di saluran pencernaan.

Residu yang mengendap ini bercampur dengan bakteri, kemudian dilepaskan lewat keringat. Solusinya, kurangi konsumsi daging merah dan ganti dengan daging putih seperti ayam dan kalkun.

2. Alkohol
Batasi Konsumsi 8 Makanan yang Memicu Bau Badan IniFoto: iStock
Menurut Berkeley Wellness, saat Anda mengkonsumsi alkohol, sebagian besar sistem metabolisme diubah menjadi asam asetat oleh hati. Namun, sedikit alkohol dilepaskan melalui keringat dan nafas Anda. Bau ini semakin memburuk saat Anda semakin banyak minum alkohol.

3. Ikan
Kebanyakan dari kita tahu, ikan sangat penting untuk kesehatan karena mengandung omega-3 yang baik untuk tubuh. Namun sebuah laporan tahun 2007 di JAMA Network menemukan bahwa orang dengan bau badan yang tidak enak diuji positif karena memiliki gangguan untuk memecah senyawa trimethylamine.

Orang-orang dengan gangguan metabolik ini disebut trimethylaminuri. Secara alami, tubuh mereka akan mengeluarkan aromaa amis ketika mereka makan ikan.

Baca juga : Kalau Tak Ingin Bau Badan, Hindari Makan Daging Merah dan Brokoli Terlalu Banyak

4. Sayuran tertentu
Batasi Konsumsi 8 Makanan yang Memicu Bau Badan IniFoto: iStock
Sayuran seperti kol, kembang kol dan brokoli mengandung sulfur yang tinggi. Bahan kimia ini memiliki bau alami yang tidak sedap dan bisa mempengaruhi aroma tubuh Anda.

Aroma tidak sedap ini bisa keluar dari nafas, keringat dan gas Anda. Tapi ini bukan Alasan Anda untuk tidak menyantapnya sama sekali. Memasaknya dengan cara direbus membantu mengurangi efek bau tak sedap tersebut.

5. Asparagus
Asparagus sebagian besar dikenal karena membuat bau urin yang mengerikan.Aroma ini adalah hasil proses alami tubuh Anda yang menghancurkan senyawa sulfat yang dapat menyebabkan bau badan Anda.

6. Kari dan jinten
Batasi Konsumsi 8 Makanan yang Memicu Bau Badan IniFoto: detikfood
Menurut Medical Daily beberapa rempah beraroma kuat seperti kari dan jinten dapat menimbulkan malapetaka pada bau tubuh Anda. Peringatan besar bagi ibu hamil, pola makan rempah beraroma ini juga mempengaruhi bau badan bayi yang baru lahir.

7. Kopi
Kopi memiliki sifat diuretik yang mempengaruhi aroma mulut. Efeknya terjadi karena pertumbuhan bakteri dalam mulut. Menurut Andrew Weil, MD, ini bisa meluas ke bau badan Anda juga. Stimulan seperti kopi meningkatkan aktivitas kelenjar keringat apokrin.

Baca juga : Bau Badan? Cobalah Atasi dengan 4 Racikan Lemon Ini

8. Bawang putih
Bau tak sedap dari bawang putih karena pengaruh allicin, senyawa sulfat lain yang dilepaskan saat bawang putih dipotong atau dihancurkan. Setelah dikonsumsi, zat ini akan bereaksi dalam tubuh dan mengubah zat-zat bau lain yang berbaur dengan bakteri dan meresap ke dalam keringat Anda.

Namun, beberapa penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa bau bawang putih ini dianggap seksi oleh beberapa orang.

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT