7 Makanan Penghilang Bau Badan yang Bikin Kamu Makin Percaya Diri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 02 Des 2020 09:00 WIB
7 Makanan Penghilang Bau Badan yang Bikin Kamu Makin Percaya Diri Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages
Jakarta -

Bau badan membuat tingkat percaya diri berkurang. Untuk mengatasinya secara alami, makanan penghilang bau badan ini cocok dikonsumsi rutin.

Masalah bau badan dialami sebagian besar orang. Hal ini berawal dari keringat yang dihasilkan tubuh kemudian bercampur dengan bakteri yang ada di kulit. Tubuh lantas akan melepaskan asam yang berbau.

Untuk mengontrol bau badan, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kebanyakan orang menggunakan deodorant atau bedak pencegah keringat pada area ketiak yang memang paling sering jadi penyebab bau badan.

Namun selain cara dari luar, menghilangkan bau badan bisa juga dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada beberapa makanan penghilang bau badan yang disarankan para ahli.

Makanan-makanan ini mengandung senyawa yang secara alami bisa menyingkirkan bau badan. Kemudian ada juga makanan yang bisa melancarkan pencernaan karena berkaitan dengan pengeluaran aroma tak sedap dari tubuh.

Dikutip dari beberapa sumber, inilah 7 makanan penghilang bau badan yang bagus dikonsumsi rutin:

1. Sayuran hijau

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanFoto: iStock

Makanan penghilang bau badan ini mudah didapat dan penuh nutrisi. Coba konsumsi rutin sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, atau sawi hijau. Jenis sayuran ini tinggi kandungan klorofil.

Klorofil dikaitkan dengan sejumlah manfaat sehat, salah satunya untuk menetralkan senyawa penyebab bau badan di dalam tubuh. Bonus lainnya, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

2. Makanan tinggi serat
Kesehatan pencernaan ternyata berkaitan dengan masalah bau badan. Coba konsumsi makanan tinggi serat untuk melancarkan pencernaan.

Dengan begitu senyawa-senyawa penyebab bau badan yang ada di makanan bisa dibuang lebih cepat lewat kotoran dan yang keluar melalui keringat akan lebih sedikit. Konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian bisa jadi solusi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com