6 Makanan Pelancar BAB yang Bagus Dikonsumsi Saat Sarapan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 02 Des 2020 07:00 WIB
6 Makanan Pelancar BAB yang Bagus Dikonsumsi Saat Sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/Tijana87
Jakarta -

Sarapan jadi waktu makan terpenting harian. Supaya perut merasa nyaman, 6 makanan pelancar buang air besar (BAB) ini bisa dikonsumsi saat sarapan.

Sarapan yang tepat akan memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh sehingga dapat membantu proses metabolisme sekaligus menjaga kesehatan pencernaan. Kesehatan pencernaan ini penting untuk membuang sisa makanan hari kemarin yang masih tertinggal di dalam tubuh.

Salah satu contoh pencernaan yang baik adalah buang air besar sesaat setelah bangun tidur. Hal tersebut menandakan tubuh sudah mencerna makanan yang dikonsumsi pada hari sebelumnya secara menyeluruh.

Kandungan serat yang cukup biasanya yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan. Untuk pilihan menunya, berikut 6 makanan pelancar BAB yang cocok dikonsumsi saat sarapan, menurut Livestrong (30/11):

1. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal untuk sarapan menjadi pilihan yang sangat baik untuk usus. Gandum adalah sumber serat larut dan tidak larut yang baik. Paduan keduanya dapat membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan

Menurut Harvard Health Publishing, serat dari oatmeal membuat pencernaan lebih teratur serta membuat kotoran akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Ditambah gandum yang mengandung prebiotik dan bertindak sebagai sumber probiotik dalam usus yang berfungsi menjaga kesehatan usus secara menyeluruh.

2. Kopi

Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur6 Makanan Pelancar BAB yang Bagus Dikonsumsi Saat Sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit

Menurut Jurnal Gastroenterologi tahun 2017, kopi berkafein dapat memberi sinyal pada perut untuk menghasilkan lebih banyak asam dan meningkatkan gerakan usus besar yang dapat menyebabkan efek pencahar. Dengan begini, tubuh akan merasa mulas lebih cepat.

Efek serupa juga terjadi pada kopi decaf atau yang minim kafein. Hal ini dibuktikan dalam penelitian tahun 1990 yang dimuat dalam jurnal Gut.

3. Buah-buahan

Mengonsumsi buah saat sarapan juga penting. Buah bertindak sebagai makanan pelancar BAB karena tinggi kandungan air dan serat yang membantu untuk mengeluarkan kotoran.

Buah-buahan tertentu seperti pisang memiliki manfaat hebat untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya. Menurut penelitian pada bulan Agustus 2016 yang diterbitkan dalam Polimer Karbohidrat, pisang dikatakan sebagai sumber alami inulin dan serat yang membantu meredakan dan mencegah sembelit.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com