9 Makanan yang Membuat Ngantuk, Cocok Buat yang Sulit Tidur!

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 01 Des 2020 20:00 WIB
9 Makanan yang Membuat Ngantuk, Cocok Buat yang Sulit Tidur! Foto: iStock
Jakarta -

Tak semua orang bisa tidur dengan mudah. Bagi yang alami kesulitan tidur, 9 makanan yang membuat ngantuk ini bisa dikonsumsi.

Kesulitan tidur dialami mayoritas orang dewasa, baik karena pengaruh stres maupun pekerjaan. Kekurangan tidur akan memengaruhi fokus pada keesokan harinya atau bahkan membuat lebih mudah stres.

Secara fisik, kesulitan tidur akan berpengaruh pada munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata, memengaruhi kebiasaan makan, bahkan menimbun lebih banyak lemak di perut.

Tentu saja hal ini perlu ditangani dengan tepat. Alih-alih mengonsumsi obat tidur, konsumsi makanan yang membuat tidur nyenyak bisa jadi solusinya.

Berikut ini 9 makanan yang membuat ngantuk, seperti dirangkum dari Boldsky.com (17/11):

1. Kacang Almond

kacang almond9 Makanan yang Membuat Ngantuk, Cocok Buat yang Sulit Tidur! Foto: iStock

Kacang almond mengandung magnesium yang dapat membantu mengatasi insomnia. Secara umum, kacang merupakan sumber hormon melatonin yang bantu mengatur waktu internal tubuh serta memunculkan sinyal siap tidur.

Kacang almond juga mengandung cukup banyak tryptophan dan magnesium yang diketahui dapat merelaksasi otot. Segenggam kacang almond sebagai camilan malam akan efektif membuat kamu cepat ngantuk.

2. Kiwi

Kiwi memicu kantuk karena mempengaruhi serotonin, senyawa di otak yang bantu mengatur siklus tidur. Antioksidan yang ada pada kiwi seperti vitamin C dan karotenoid juga memiliki efek untuk memudahkan tidur.

Mengonsumsi kiwi setiap hari berkaitan dengan peningkatan kualitas tidur, begitu juga untuk urusan efisiensi tidur.

3. Teh Chamomile

Glass cup of green camomile tea and wild herbs on the rustic wooden background. Herbal organic tea as wellness and relax concept9 Makanan yang Membuat Ngantuk, Cocok Buat yang Sulit Tidur! Foto: iStock

Layaknya teh pada umumnya, teh chamomile mengandung antioksidan dan rendah kalori sehingga aman jika dikonsumsi sebelum tidur. Minum segelas teh chamomile dapat meredakan stres dan membantu untuk lebih cepat tertidur.

Teh chamomile mengandungglisin yang bersifat layaknya obat penenang untuk memicu kantuk. Teh chamomile dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Selain itu, jenis teh ini juga dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah, mencegah kerusakan saraf, dan memperlancar peredaran darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Viral Jajanan Korea Serba Rp 10 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com