Ini Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 29 Nov 2020 06:00 WIB
Ini Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut Foto: Getty Images/MonicaNinker
Jakarta -

Yogurt banyak dikonsumsi pelaku diet untuk turunkan berat badan, namun kalau kesalahan saat makan yogurt ini dilakukan, bukan tidak mungkin kamu malah akan gendut.

Yogurt termasuk makanan sehat yang bisa menurunkan dan mengendalikan berat badan pada batas ideal. Yogurt mengandung protein yang cukup banyak.

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam tiap 177 ml yogurt mengandung sekitar 9 gram protein. Jumlah ini bisa dua kali lebih banyak pada Greek yogurt.

Protein berfungsi mempertahankan rasa kenyang lebih lama, menurut jurnal Nutrisi Klinis Amerika pada tahun 2015. Dalam mencerna protein, tubuh membutuhkan lebih banyak energi yang diambil dari lemak dan karbohidrat. Dengan kata lain, tubuh akan membakar kalori lebih banyak saat mencerna protein.

Protein juga membantu menjaga massa otot, sekalipun kamu tengah menurunkan berat badan. Mempertahankan massa otot sebanyak mungkin ini penting untuk menurunkan berat badan karena otot akan lebih aktif secara metabolik dibanding lemak. Artinya, semakin banyak massa otot yang kamu punya, semakin banyak kalori yang akan dibakar tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Membuat Yogurt di Rumah, Mudah dan Hemat!

Namun beberapa kesalahan saat makan yogurt ini akan membuat semua manfaatnya tidak efektif. Melansir dari Livestrong.com (24/11), berikut ini 5 kesalahan saat makan yogurt yang sering terjadi.

1. Memilih Yogurt Tinggi Gula

yogurtIni Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut Foto: iStock

Kandungan yogurt kemasan di pasaran sangat bermacam-macam. Biasanya beberapa merek yogurt masih menambahkan gula sekitar 0 - 20 gram.

Merujuk pada Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika, wanita seharusnya mengonsumsi tidak lebih dari 25 gram gula per hari dan pria tidak lebih dari 36 gram sehari.

Cara untuk menghindari konsumsi gula yang berlebih adalah dengan memeriksa label bahan pada kemasan. Usahakan memilih yogurt dengan kandungan gula tidak lebih dari 7 gram.

2. Memilih 'Light' Yogurt

Saat memilih yogurt, cobalah selalu periksa informasi nutrisi untuk mengetahui kandungannya. Yogurt dengan embel-embel klaim 'light' biasanya menggunakan pemanis buatan.

Lagi-lagi, upaya menurunkan berat badan akan gagal jika yogurt yang dikonsumsi masih mengandung pemanis buatan dan tinggi kalori. Cara yang paling aman adalah dengan memilih yogurt plain atau original yang rasanya masih hambar. tanpa campuran apapun.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com