Virgin Coconut Oil: Cara Mengkonsumsi dan Manfaat Bagi Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 12:30 WIB
Minyak kelapa Foto: iStock
Jakarta -

Virgin coconut oil adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Diproses secara alami dan tidak dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi dan tidak dicampurkan dengan zat-zat kimia.

Virgin coconut oil populer berkat manfaatnya yang dapat menurunkan tekanan darah hingga memperlambat perkembangan penyakit alzheimer. Banyak produsen yang mulai menggunakan minyak kelapa atau virgin coconut oil dalam produk kemasan seperti manisan, shampo, kopi dan juga smoothie.

Dikutip dalam Health Line, pada Juli 2016 hasil survei di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 72 persen orang percaya bahwa minyak kelapa menyehatkan, tetapi hanya 37 persen ahli gizi yang setuju.

Pedoman diet untuk orang Amerika pada tahun 2015-2020 merekomendasikan untuk membatasi konsumsi lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen kalori sehari. Ini berarti bahwa seseorang yang mengikuti diet 2000 kalori per hari harus makan tidak lebih dari 20 gram lemak jenuh setiap hari.

Berikut beberapa manfaat virgin coconut oil:

1. Meningkatkan kolesterol baik

Ada dua jenis kolesterol yaitu high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol jahat. HDL tampaknya membantu mengurangi tingkat LDL dan tingkat HDL yang tinggi dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian berpendapat bahwa trigliserida rantai menengah (MCT), komponen dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Peserta meminum 1 sendok makan minyak kelapa dua kali sehari selama 8 minggu.

Akan tetapi hasilnya bervariasi. Sebuah penelitian kecil pada tahun 2004 menemukan yang sebaliknya. Dalam penelitian, diet MCT meningkatkan kolesterol jahat pada 17 pria muda yang sehat. Para ilmuwan tidak mempelajari indikator kesehatan jantung lainnya.

Sebuah studi tahun 2016 tidak menemukan bukti yang jelas bahwa minyak kelapa bermanfaat atau membahayakan kadar kolesterol.

Namun, temuan yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa dampak virgin coconut oil pada kolesterol mungkin serupa dengan minyak zaitun. Sejauh ini, hasilnya tetap tidak meyakinkan dan dibutuhkan lebih banyak penelitian.

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Kelapa adalah makanan yang punya banyak manfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 1981 mencatat penduduk Tokelau, sebuah pulau di Pasifik Selatan memperoleh lebih dari 60 persen kalori dari kelapa. Para peneliti melaporkan tidak hanya kesehatan yang baik secara keseluruhan tetapi juga tingkat penyakit jantung yang rendah.

Selain itu, orang Kitavan di Papua Nugini juga banyak mengonsumsi kelapa disamping umbi-umbian, buah-buahan dan juga ikan untuk menghindari risiko penyakit stroke dan jantung.

3. Dapat mendorong pembakaran lemak

Obesitas adalah salah satu kondisi kesehatan terbesar yang mempengaruhi dunia Barat saat ini. Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanyalah masalah berapa banyak kalori yang dimakan seseorang, sumber kalori itu juga penting. Makanan yang berbeda memengaruhi tubuh dan hormon Anda dengan cara berbeda.

MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang.

Satu studi menemukan bahwa makan 15-30 gram MCT per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi 24 jam sebesar 5 persen.

3. Efek antimikroba

Asam laurat membentuk sekitar 50 persen dari asam lemak dalam minyak kelapa. Saat tubuh Anda mencerna asam laurat, ia membentuk zat yang disebut dengan monolaurin.

Asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya seperti bakteri, virus dan jamur.

Misalnya, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa zat ini dapat membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan infeksi Staph dan jamur Candida albicans, sumber umum infeksi jamur pada manusia.

4. Melindungi kulit, rambut dan gigi

Virgin coconut oil memiliki banyak kegunaan untuk kecantikan. Banyak orang yang memanfaatkan minyak kelapa sebagai kosmetik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim.

Virgin coconut oil juga bisa melindungi rambut dari kerusakan. Satu studi menunjukkan bahwa itu mungkin bekerja sebagai tabir surya yang lemah, menghalangi sekitar 20 persen sinar ultraviolet (UV) matahari.

5. Menigkatkan fungsi otak

Penyakit alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua. Kondisi ini mengurangi kemampuan otak Anda untuk menggunakan glukosa sebagai energi. Para peneliti telah menyarankan bahwa keton dapat memberikan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak yang rusak untuk mengurangi gejala penyakit alzheimer.

Para penulis studi tahun 2006 melaporkan bahwa MCT dapat meningkatkan fungsi otak pada orang dengan bentuk penyakit alzheimer yang lebih ringan. Virgin coconut oil digunakan sebagai minyak goreng sehat yang bebas lemak trans. Cara menggunakan virgin coconut oil bisa ditambahkan untuk dicampurkan sedikit ke salad atau potongan buah.

Sedangkan untuk kecantikan, cara menggunakan virgin coconut oil ini bisa dicampur dengan essential oil dan diusapkan ke rambut kering dan diamkan selama 15 menit dan bilas.





Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)