3 Cara Makan Indomie yang Sehat, Cocok Buat yang Lagi Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 09:00 WIB
Fakta mie instan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/FernandoChee

4. Cara makan Indomie yang sehat

3 Cara Makan Indomie yang Sehat, Cocok Buat yang Lagi Diet3 Cara Makan Indomie yang Sehat, Cocok Buat yang Lagi Diet Foto: YouTube Yulia Baltschun

Ada 3 cara makan Indomie yang sehat ala Yulia untuk mengurangi nilai kalorinya. Hal inipun cocok untuk pelaku diet.

Pertama, tebus kalori Indomie dengan berolahraga. "Habis beres makan, kalian langsung olahraga sesuai jumlah kalori yang kalian makan tadi. Kalau makannya 300 kkal, ya olahraga yang membakar 300 kkal," ujarnya.

Kedua, imbangi asupan makanan sehat saat makan Indomie. Yulia mengungkap rata-rata orang butuh asupan 2.000 kkal per hari. Namun saat diet, harus terjadi defisit kalori, sehingga pelaku diet biasanya hanya konsumsi 1.500-1.700 kkal.

Jika diperhatikan nilai kalorinya, makan Indomie paling rendah kalori yaitu yang 300 kkal, sebenarnya hanya mengambil 18% jatah kebutuhan kalori harian diet. "Jadi yang sisa 82% jatah kalori kamu, kamu bisa konsumsi makanan sehat. Yang lebih banyak serat, protein, dan lainnya," kata Yulia.

Ketiga, makan setengah mie instan. Gunakan setengah bumbu, minyak, dan mie yang ada di kemasan. "Air untuk merebusnya juga dikurangi setengah. Memang porsinya lebih sedikit, tapi otomatis akan memotong kalorinya," kata Yulia.

Kalau masih merasa tidak kenyang, tambahkan sayuran yang teksturnya hampir sama dengan mie ketika direbus. Yulia merekomendasikan sawi putih yang dipotong-potong memanjang layaknya mie.

Cara lain adalah mengganti mie instan dengan mie shirataki yang memang rendah kalori. "Satu kemasan mie shirataki cuma 40 kkal, dan itu lumayan banyak sih (porsinya). Biasanya aku pakai setengah, berarti 20 kkal aja," ucap Yulia.

Kemudian masak mie shirataki dengan bumbu mie instan. Biasanya bumbu saja hanya memiliki 20-50 kkal. Yulia mengatakan, "Jadi total cuma 80 kkal aja kurang lebih."

5. Kesimpulan

3 Cara Makan Indomie yang Sehat, Cocok Buat yang Lagi Diet3 Cara Makan Indomie yang Sehat, Cocok Buat yang Lagi Diet Foto: YouTube Yulia Baltschun

Selain sebagai makhluk hidup, manusia adalah makhluk metabolik yang butuh beragam asupan nutrisi supaya organ-organ berfungsi maksimal.

Karenanya ketika hendak memilih makanan, jangan sekadar memilih yang enak, tapi juga perhatikan nutrisinya. Apakah makanan tersebut punya nutrisi yang diperlukan tubuh untuk 'bekerja'.

Yulia menambahkan, "Tapi satu sisi kita juga makhluk psikologis yang punya rasa, akal, nggak bisa kita stop total. Kalau kalian ngidam makanan sesuatu, nggak usah perang sama diri sendiri untuk membatasi," ujarnya.

Jadi kalau kamu sedang ngidam Indomie, tapi kamu takut gendut, dan seumur hidup kamu nahan makan Indomie, hal ini tidak sehat untuk mental.

"Intinya kalian nggak harus stop total makan makanan favorit kalian, yang penting kalian bisa membedakan mana makanan yang untuk tubuh (harus lebih banyak) dan makanan yang untuk doyan-doyanan," tutupnya.

Baca Juga: Mie Instan Sehat, Apa Benar-benar Lebih Menyehatkan?

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com