Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 06:00 WIB
Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Ada cara minum kopi untuk menurunkan berat badan. Mulai dari memilih jenis kopi yang tepat hingga batasan minum kopi dalam sehari.

Kopi dianggap sebagai minuman yang menyehatkan. Namun, itu tergantung bagaimana cara kamu mengonsumsinya. Jika terlalu banyak minum kopi, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Sebaliknya, jika diminum dalam porsi yang cukup dan wajar, akan bisa mendatangkan khasiat, salah satunya menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan khasiat itu ada caranya.

Baca Juga : Sluurp! Nikmati Kopi Pagi Ini dan Rasakan 7 Khasiat Sehatnya

Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat BadanCara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Cara minum kopi untuk menurunkan berat badan adalah dengan memperhatikan jenis kopi yang dipilih. Pilihlah kopi hitam yang dikenal sebagai katalisator untuk memangkas bobot tubuh.

Kopi hitam yang dimaksud adalah tanpa campuran gula, susu atau krimer. Kopi hitam mengandung nol kalori, lemak dan kolesterol. Selain itu, kopi hitam juga kaya akan antioksidan.

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membuat tubuh tetap berenergi. Perannya dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi berat air dalam tubuh.

Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat BadanCara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Lantas berapa banyak kopi yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan? Menurut beberapa penelitian, minum kopi hitam sebaiknya tidak lebih dari dua cangkir dalam sehari.

Lebih lanjut, minum kopi lebih dari dua cangkir bukanlah bagian dari diet sehat, seperti yang dikutip dari Times Now News (11/05).

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa hanya minum kopi tidak akan membantu menurunkan berat badan. Kopi dapat bertindak sebagai katalisator untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan untuk menjalani pola diet yang sehat dan seimbang, olahraga teratur dan kontrol porsi minum kopi.

Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat BadanCara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Cara minum kopi untuk menurunkan berat badan juga berkaitan dengan waktu minum. Kopi baik diminum pada pukul 10:00 hingga pukul 15.00. Setelah itu tak dianjurkan minum kopi karena bisa mengganggu waktu tidur.

Untuk meracik kopi ini tidak disarankan menggunakan gula, susu atau krimer. Namun, untuk menambah rasa kamu bisa mencampurkan kayu manis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Cukup tambahkan setengah hingga satu sendok kayu manis bubuk.

Baca Juga : Sluurp! Nikmati Kopi Pagi Ini dan Rasakan 7 Khasiat Sehatnya



Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)