Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Monika Perangin - detikFood Kamis, 05 Nov 2020 12:30 WIB
young beautiful woman by the window at home drinking water. Lifestyle Foto: Getty Images/iStockphoto/Eva Blanco

3. Kebutuhan air jika kelebihan berat badan

Untuk mereka yang kelebihan berat badan antau obesitas memiliki kebutuhan air yang berbeda. Menurut Jim White, mereka perlu minum lebih banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dan berat badannya turun.

Annals of Family Medicine melakukan penelitian terhadap orang dengan BMI tingggi yang kurang cairan. Studi menyarankan air adalah nutrisi penting yang berperan besar dalam penurunan berat badan seperti halnya makanan dan olah raga.

Faktanya, orang gemuk adalah yang paling tidak terhidrasi. Untuk itu, air putih adalah hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan.

Peneliti Virginia Tech juga menemukan bahwa bila orang yang memiliki kelebihan berat badan minum 0.5 liter air putih 30 menit sebelum makan maka akan mengalami penurunan berat badan sampai 4 kg dalam kurun waktu 12 minggu.

4. Minimal konsumsi 2 liter air sehari

Minum air putihair putih untuk turunkan berat badan Foto: iStock

Meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda-beda. Namun, gunakan rasa haus sebagai patokan. Jika masih haus setelah minum 8 gelas air, kamu bisa minum lagi.

Indikator lainny adalah warna urine. Jika urine berwarna kuning pucat hampir bening berarti sudah cukup terhidrasi. Jika warnanya kuning gelap hingga cokelat, perlu menambah asupan air.

Dalam program penurunan berat badan harus mencakup kebutuhan 8 gelas atau lebih air putih. Apalagi jika program diikuti dengan olahraga. Karena itu jangan sampai dehidrasi, begitu haus langsung minum air putih.

Baca Juga: Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan Cepat dan Mudah

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com