Makanan untuk Penderita Tipes: Yang Harus Dimakan dan Dihindari

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 16:00 WIB
Viewed Under Scanning Electron Microscope Sem. (Photo By BSIP/UIG Via Getty Images) Foto: BSIP/UIG Via Getty Images
Jakarta -

Tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini ada di air tergenang, area tidak higienis, makanan dan minuman yang terkontaminasi. Penderita tipes tentu harus memperhatikan makanan. Ini makanan yang tepat untuk penderita tipes.

Gejala dari penyakit tipes adalah sakit kepala, demam, diare, kelelahan, sembelit, menggigil dan pembesaran limpa serta sesak dada.

Masalah gastrointestinal sangat umum terjadi ketika seseorang mengalami demam tifoid. Beberapa pasien menderita nafsu makan yang rendah dan mual.

Makanan untuk tipes mempengaruhi kualitas pengobatan, karena harus dipantau secara ketat. Saat menderita penyakit ini, mengonsumsi sedikit makanan secara berkala dapat membantu menjaga kekuatan dan energi tubuh Anda.

Selain itu, Anda juga tetap harus memeriksa jenis makanan yang Anda makan dan hindari. Biasanya orang lebih suka makan makanan hambar dan mudah dicerna.

Berikut makanan untuk penderita tipes yang boleh dikonsumsi:

1. Diet tinggi kalori

Diet tinggi kalori dianjurkan untuk semu pasien yang menderita tipes. Jumlah kalori yang tinggi dalam tubuh mencegah penurunan berat badan yang terjadi akibat demam tifoid. Makanan berkalori tinggi seperti pasta, kentang rebus, roti putih dan pisang sangat baik dikonsumsi oleh penderita tipes.

Ibu Hamil Minum Air PutihIbu Hamil Minum Air Putih Foto: iStock

2. Perbanyak cairan

Penting untuk tubuh Anda mendapatkan cairan sebanyak mungkin. Tipes menyebabkan diare dan demam parah yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi selama tipes dapat menyebabkan banyak komplikasi selama perawatan. Makan makanan yang mengandung air tinggi dan banyak minum jus buah segar sangat disarankan.

3. Makanan tinggi karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat setengah padat mudah dicerna penderita tipes. Nasi, kentang panggang dan telur rebus dapat dikonsumsi saat Anda demam tifoid.

Fakta tentang ikan salmonFakta tentang ikan salmon Foto: iStock

4. Makanan tinggi asam lemak omega 3

Makanan tinggi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Produk olahan susu

Yogurt, susu dan telur bisa membuat tubuh memastikan cukup protein sehingga baik dikonsumsi saat pemulihan sakit tipes. Dibandingkan dengan daging, jenis makanan ini lebih mudah dicerna.

Berikut makanan untuk tipes yang harus dihindari:

1. Hindari makanan berserat tinggi karena makanan seperti itu dapat mengganggu sistem pencernaan.

2. Hindari sayuran seperti kubis dan capsicum karena menyebabkan gas dan kembung

3. Hindari makanan yang memiliki rasa bawang yang kuat.

4. Hindari makanan pedas dan asam asetat seperti cabai, saus pedas dan cuka.

makanan super pedasmakanan super pedas Foto: iStock

Orang dengan sakit tipes boleh mengonsumsi makanan biasa atau nasi dan tidak harus makan, makanan yang lembek. Yang terpenting adalah jangan terlalu banyak konsumsi sayuran berserat.

Sayuran berserat sulit dicerna oleh susu. Sedangkan pada penderita tipes ususnya sedang mengalami luka akibat infeksi. Sehingga pasien harus mengurangi makanan yang sulit dicerna dan mengonsumsi contoh menu makanan untuk penderita diabetes yang sudah disebutkan di atas.



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)