7 Makanan untuk Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 06:00 WIB
radang tenggorokan Foto: iStock
Jakarta -

Makanan untuk radang tenggorokan biasanya tidak mengandung minyak. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, radang pun bisa cepat sembuh.

Hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan. Tak hanya terasa kurang nyaman, tenggorokan juga terasa gatal dan membuat Anda sulit menelan.

Radang tenggorokan disebabkan oleh banyak faktor seperti virus, bakteri dan alergi. Virus ataupun bakteri ini dapat mempengaruhi saluran pernapasan seperti hidung, trakea dan paru-paru.

"Tenggorokan dianggap sebagai jalan masuk (tujuan pertama) ke saluran pernapasan. Ketika virus dan bakteri masuk ke tenggorokan kita, mereka dapat menyebabkan banyak peradangan dan kemerahan. Bahkan tak jarang terjadi bintik-bintik putih," kata Dr. Georgine Nanos, M.D., dari Kind Health Group di Encinitas, California.

Ketika radang tenggorokan kita juga sering mencurigai sebagai tanda-tanda gejala awal virus corona. Di masa pandemi seperti ini ada baiknya kita mengetahui cara mengobati gejala sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus.

Berikut beberapa makanan untuk radang tenggorokan yang perlu dinikmati:

1. Telur

Telur menjadi salah satu sumber protein yang baik. Telur juga bisa membantu mengurangi iritasi dan peradangan yang bisa menyebabkan radang tenggorokan.

"Makanan terbaik untuk sakit tenggorokan harus memenuhi tiga kriteria yaitu lembut dan mudah ditelan atau bersuhu hangat," kata Dr. Dimitar Marinov, M.D., Ph.D, asisten profesor di Departemen Kebersihan dan Epidemiologi di Universitas Kedokteran Varna di Bulgaria.

Telur bisa dimasak dengan cara orak-arik ataupun direbus.

2. Sup Ayam

Sup ayam bisa menjadi salah satu makanan andalan saat radang tenggorokan. Selain hangat, rasa sup ayam juga enak.

"Sup ayam telah terbukti dapat menghambat pergerakan sel darah putih tertentu yang merupakan sel yang bertanggung jawab atas peradangan yang menunjukkan bahwa sup tersebut memiliki aktivitas anti inflamasi," kata Dr. Gary Linkov, seorang ahli bedah plastik di New York City.

3. Bawang Putih

Bawang putih sering dijadikan sebagai bumbu saat memasak. Bawang putih yang dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan bisa mengurangi jumlah bakteri dan virus serta mengurangi iritasi tenggorokan.

Bawang putih juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu meredakan radang tenggorokan dan menurunkan jumlah virus.

Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam sup, kaldu dan juga teh. Minumlah dalam suhu hangat untuk membantu meredakan nyeri dan gatal saat radang tenggorokan.

Salmon- SabaSalmon- Saba Foto: SalmonHu

4. Ikan

Makanan untuk radang tenggorokan pada anak bisa diberikan ikan. Tidak hanya teksturnya yang lembut, ikan juga menyediakan protein dan sumber asam lemak omega 3 yang baik. Konsumsi asam ini membantu penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Mengonsumsi ikan juga bisa mendapatkan protein dan zinc yang membantu melawan infeksi. Jika diolah menjadi sup bisa membuat tubuh hangat dan melegakan tenggorokan.

5. Makanan Dingin

Dikutip dalam Eat This, makanan dingin seperti es loli dan es krim dapat membantu menghilangkan atau mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Karena memberikan efek dingin lokal pada bagian yang mengalami peradangan.

"Makanan dingin dapat membantu mengurangi aktivitas ujung saraf di tenggorokan yang menandakan nyeri sehingga mengurangi rasa sakit dan memperbaiki gejala," tutur Anna Binder McAsey, ahli diet terdaftar dan pemilik Rethink Nutrition di Manhattan, Kansas.

Mashed potato in ceramic bowl with fork for breakfastMashed potato in ceramic bowl with fork for breakfast Foto: iStock

6. Mashed Potato

Saat sedang radang tenggorokan, mashed potato bisa jadi pilihan. Makanan hangat seperti mashed potato dapat membantu meningkatkan air liur dan meningkatkan produksi lendir dari hidung, keduanya membantu melumasi tenggorokan.

Dengan meningkatkan produksi lendir, Anda dapat melepaskan racun dalam tubuh Anda. Makanan dengan tekstur lembut juga tidak akan membuat tenggorokan iritasi.

7. Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh. Untuk orang yang radang tenggorokan akibat infeksi virus disarankan untuk mengonsumsi vitamin C dosis tinggi hingga 2.000 mg setiap hari.

Selain suplemen, vitamin C juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti pisang, beri serta kiwi yang tinggi vitamin C.

Dikutip dalam Medical News Today, berikut pengobatan rumahan yang bisa redakan radang tenggorokan:

1. Tetap Terhidrasi

Saat radang tenggorokan ketika tenggorokan terasa kering bisa membuat sakit. National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan minum banyak cairan agar tenggorokan tetap lembab.

2. Kelembaban

Udara kering bisa membuat sakit tenggorokan lebih parah. Menggunakan humidifier bisa membantu menjaga kelembaban udara dan meredakan nyeri.

3. Obat Pereda Nyeri

Selain mengonsumsi makanan untuk radang tenggorokan, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Seperti ibuprofen, acetaminophen dan naproxen dapat mengurangi gejala.



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)