7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan Pilek

Riska Fitria - detikFood Senin, 26 Agu 2019 19:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Musim kemarau yang panjang membuat tubuh mudah terserang flu. Ada banyak makanan minuman alami yang bisa jadi pencegah dan obat flu yang enak.

Cuaca yang terik berdebu membuat orang mudah terserang batuk dan pilek. Daya tahan tubuh menurun saat tubuh dehidrasi. Sebelum menelan obat flu, ada baiknya konsumsi secara rutin makanan dan minuman yang bisa mencegah dan mengobati flu ini, seperti dilansir Asia One dan berbagai sumber ini.

1. Jus Nanas
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: iStock

Dalam jus nanas terdapat kandungan enzim bernama bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi. Zat ini dapat membantu mengurangi masalah pernapasan yang disebabkan oleh asma, infeksi hingga alergi.

Selain itu, juga mengandung vitamin C yang bisa membantu untuk memecahkan dan mengeluarkan lendir yang membandel yang memicu batuk dan sakit tenggorokan. Dalam 100 gram buah nanas segar mengandung 47.8 mg vitamin C, 1.4 g serat dan 86% air. Jus nanas juga bisa menghidrasi tubuh agar tak kekurangan cairan.

2. Madu Manuka
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: Istock

Madu manuka merupakan madu yang dihasilkan dari tanaman bunga manuka yang biasa tumbuh di Australia dan Selandia Baru. Madu manuka diketahui mengandung zat anti bakterial dalam jumlah yang banyak.

Karenanya madu manuka bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti batuk, meredakan radang atau inflamasi, memulihkan imunitas hingga sesak napas. Campurkan madu ini ke dalam teh hangat atau susu hangat.

3. Sup Ayam
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: iStock

Sup ayam memang hidangan yang menghangatkan, oleh sebab itu banyak dijadikan obat kala pilek meradang. Selain lezat, sup ayam juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting untuk melawan virus. Juga terdapat cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh agar tetap terhidrasi.

Semangkuk sup ayam yang mengepul dapat bertindak sebagai dekongestan alami karena mengandung asam amino yang memecah lendir dan menghambar sel-sel yang menyebabkan batuk dan hidung tersumbat.

Baca juga: Sedang Flu? Buat Saja Sup Kimlo dan Sup Ayam Kampung Agar Tubuh Cepat Bugar

4. Bawang
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: Selfie Miftahul Jannah

Jenis bumbu dapur ini juga dipercaya bisa sembuhkan penyakit flu. Baik bawang putih maupun bawang bombay memiliki kandungan anti-bakteri dan sifat antiseptik.

Anda bisa campurkan hingga 6 siung bawang putih utuh ke dalam makanan. Kemudian juga bisa ditambah dengan jahe yang diparut dan beberapa cabai rawit. Jika suka lebih baik konsumsi bawang putih parut yang segar. Dengan begitu flu bisa segera mereda.

5. Teh Lemon dan Jahe
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: iStock

Selain bawang, penyakit flu juga bisa diatasi dengan mengonsumsi teh herbal yang terbuat dari campuran lemon dan jahe di dalamnya. Karena lemon diketahui mengandung vitamin C, sedangkan jahe mengandung senyawa bernama gingerol yang bertanggung jawab dalam penyembuhan flu.

Cara membuatnya mudah, seduh saja potongan jahe segar dalam air mendidih selama 15 menit. Kemudian tambahkan perasan jus lemon. Saring, diamkan hingga hangat kemudian minum.

6. Jus Jeruk
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: iStock

Minum segelas jus jeruk segar setiap 3 jam bermanfaat untuk memulihkan tubuh dari serangan demam. Jus jeruk dipercaya kaya akan vitamin C dan sumber energi yang besar. Selain itu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Pilih jeruk Navel yang segar. Dalam 1 buah ini terdapat vitamin C, vitamin A, E, K, B6, B12, Folat, dan Riboflavin.

Baca juga : Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!

7. Kunyit
7 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Obat Alami Atasi Batuk dan PilekFoto: iStock

Bumbu dapur ini bisa menyembuhkan penyakit migrain. Migrain sering terjadi karena telat makan, toksisitas internal hingga siklus menstruasi. Karenanya Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam makanan. Kunyit mengandung curcumin, dan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Kunyit diyakini memiliki sifat anti-inflamasi yang hebat dan omega-3 dan anti-koagulan. Karena itu bisa secara alami mengencerkan darah dan mengurangi sakit kepala yang parah. Minimal konsumsi 3 porsi dalam seminggu.

Baca Juga : Agar Tak Sering Kena Flu, Rajinlah Konsumsi Kunyit dan Madu

Simak Video "Kuliner Ekstrem Taco Kalajengking, Berani Coba?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)