Kandungan Nutrisi pada Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 05:00 WIB
Madu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat Sehatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/amriphoto
Jakarta -

Madu merupakan bahan alami yang digunakan sebagai pemanis dan penambah energi. Kandungan nutrisi pada madu terdiri atas vitamin hingga mineral yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Seperti yang dikutip dari situs web Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli madu dihasilkan dari hewan lebah. Sumber utama penyusun madu adalah nektar yang merupakan cairan manis pada bunga.

Nektar ini salah satu sumber pakan lebah selain tepung sari atau pollen. Mengumpulkan nektar dan pollen merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh lebah pekerja.

Amar Thohir (37) melakukan budidaya lebah tetragonula leaviceps atau lebah teuweul di halaman belakang rumahnya yang terletak di Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya.Amar Thohir (37) melakukan budidaya lebah tetragonula leaviceps atau lebah teuweul di halaman belakang rumahnya yang terletak di Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya. Foto: Bima Bagaskara

Lebah mengambil nektar dengan cara diisap dan dikumpulkan pada sebuah kantong istimewa yang disebut honey sack. Nektar tersusun atas gula dan air. Selain itu nektar juga mengandung mineral, asam organik, vitamin, dan zat aromatik.

Secara umum, proses pembuatan madu terbagi menjadi tiga tahap, yaitu pengumpulan madu, pengubahan nektar menjadi gula invert, dan pengurangan kandungan air dan pematangan madu.

Cairan air liur lebah yang mengandung enzim akan memecah gula kompleks pada nektar menjadi glukosa dan fruktosa. Sementara kandungan air akan berkurang dengan cara penguapan karena kipasan sayap lebah. Hingga lama kelamaan madu akan matang jika kandungan airnya maksimal 20%.

Berikut beberapa hal tentang kandungan nutrisi madu dan manfaatnya yang perlu diketahui:

1. Jenis-jenis Madu

Ada lebih dari 300 jenis madu di seluruh dunia. Mereka berbeda dalam warna, aroma dan rasa tergantung pada sumber tanaman tempat lebah mengumpulkan nektar. Beberapa jenis madu yang terkenal adalah madu manuka dan akasia.

2. Kandungan Nutrisi pada Madu

Dikutip dalam eufic.org, kandungan madu asli terdiri dari karbohidrat (gula sederhana, fruktosa dan glukosa), air, sedikit protein, vitamin, mineral, enzim dan polifenol termasuk flavonoid.

Kandungan nutrisi pada madu berdasarkan analisis 8 sampel dari berbagai jenis madu menunjukkan bahwa madu dalam 100 gram mengandung 288 Kkal, karbohidrat 76,4 gr, fruktosa 41,8 gr, glukosa 34,6 gr, protein 0,4 gr dan air.

Madu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat SehatnyaMadu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat Sehatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/amriphoto

3. Manfaat Madu

Manfaat madu sangat beragam. Madu telah banyak digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional karena sifatnya yang berpotensi sebagai antibakteri, anti inflamasi dan antioksidan.

Madu dibuat khusus untuk penggunaan medis dan dapat dioleskan secara topikal untuk membalut luka. Kandungan kelembaban yang rendah, hidrogen peroksida dan keasaman madu (pH rata-rata 3,9) tidak ramah terhadap bakteri dan memberikan madu sifat antibakterinya.

4. Madu vs Gula

Tidak seperti gula, madu mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Vitamin dan mineral dalam madu hadir kurang dari 1 persen dari jumlah asupan harian yang direkomendasikan. Satu sendok madu berkontribusi pada metabolisme energi.

Jika Dimasak Madu Bisa Jadi RacunJika Dimasak Madu Bisa Jadi Racun Foto: Getty Images/izhairguns

Jika ingin menambahkan asupan vitamin C, Anda bisa menambahkan perasan lemon atau air jeruk nipis. Madu juga sering dijadikan sebagai tambahan jamu ataupun minuman sehat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, madu tidak disarankan untuk dikonsumsi pada anak di bawah usia satu tahun karena bisa saja kandungan madu asli mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan infeksi serius pada bayi.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Iga Bakar Madu Lemon dan Sup Gurame Kari Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)