Madu Hitam Vs Madu Biasa, Lebih Unggul yang Mana?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 06 Apr 2020 07:30 WIB
High resolution image of organic forest honey in a glass bowl with wooden honey dipper shot in studio on white background Madu Foto: Getty Images/iStockphoto/Niteenrk
Jakarta -

Warna madu memang sangat bervariasi. Mulai dari yang terang hingga lebih gelap atau berwarna hitam. Lebih gelap warnanya, madu dikatakan mengandung tinggi antibakteri dan kaya akan antioksidan.

Secara umum madu mengandung tinggi nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula dan antioksidan berupa fenol dan flavonoid.

Dikutip dalam buku berjudul "Sumbangan Keilmuan Islam Pada Dunia" oleh Prof. Dr. Ahmad Fuad Basya, di masa kebangkitan Islam, madu merupakan bahan penting yang turut memperkaya obat-obatan yang digunakan para dokter muslim untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Abu Hurairah ra, meriwayatkan hadist dari Nabi saw, beliau bersabda, "Siapa yang berobat dengan sesuatu yang dihalalkan oleh Allah SWT maka ia akan disembuhkan." (HR. Abu Nu'aim dalam ath-Thib an-Nabawi sebagaimana dalam Kanzul 'Ummal).

Berikut ini beberapa keunggulan dari madu hitam dan madu biasa:

Madu Hitam

1. Antibiotik Alami


Madu hitam memiliki sifat bakteriostatik, istilah ini biasa digunakan untuk menunjang bahwa ada zat yang berfungsi sebagai penghenti laju altivitas bakteri atau yang biasa disebut dengan antibiotik alami. Antibiotik yang terkandung dalam madu hitam dapat mengobati beberapa penyakit seperti sesak napas, sakit tenggorokan hingga batuk.

2. Meningkatkan Stamina


Madu hitam juga dikenal dapat meningkatkan stamina. Madu hitam ini juga dapat menambah tenaga kamu agar bersemangat menjalankan atifitas harian.

3. Menurunkan Kolesterol


Konsumsi madu hitam secara rutin bisa menurunkan risiko serangan jantung koroner. Mengonsumsi madu hitam dua kali sehari juga dapat membantu turunkan kadar kolesterol darah.

4. Suplemen Kesehatan


Madu hitam mengandung kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium dan zinc. Madu hitam juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk menjaga kesehatan disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Madu Biasa

1. Menyehatkan Jantung


Beberapa riset menunjukkan kalau senyawa antioksidan dalam madu bisa melindungi pembuluh darah arteri dari penyempitan. Penyempitan pembuluh darah dapat memicu serangan jantung. Dianjurkan konsumsi segelas air dengan 1-2 sdm madu untuk membantu sehatkan jantung.

2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak


Madu mengandung gula alami yang bisa meningkatkan insulin yang dapat melemparkan serotonin. Kemudian serotonin di dalam tubuh diubah menjadi melatonon, hormon yang memicu tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Membersihkan Pencernaan


Madu bisa dikatakan sebagai antiseptik yang kuat. Sehingga madu sangat dianjurkan dikonsumsi sebanyak 1 sdm dalam keadaan perut kosong. nsumsi ini dapat melindungi beragam penyakit berkaitan dengan pencernaan. Selain itu saat melewati perut, madu bisa menghancurkan kuman dan menyembuhkan luka-luka ringan pada dinding usus.

4. Memperkuat daya ingat

Riset juga menunjukkan jika antioksidan dalam madu juga bisa memperkuat memori atau daya ingat. Kandungan kalsium dalam madu mudah diserap otak yang sangat berperan penting dalam menjaga fungsi otak.

Jadi, kamu pilih mana? Madu hitam atau biasa?



Simak Video "Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)