Ini Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak Sehat

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 27 Okt 2020 08:00 WIB
Ini Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Meskipun sudah tahu efek buruknya tetapi banyak orang masih kecanduan makanan tak sehat. Penelitian terbaru ungkap penyebabnya.

Makanan tak sehat memang lebih menggiurkan karena rasanya yang lezat dan mudah didapat. Tapi ternyata ada banyak alasan tersendiri, mengapa orang-orang tidak bisa meninggalkan makanan tak sehat selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Makan Pakai Tangan Bikin Makanan Terasa Lebih Enak Tapi Picu Kegemukan

Dilansir dari Eat This Not That (26/10), ada penelitian terbaru yang menjelaskan tentang fenomena ini. Menurut penelitian ini banyak orang yang kecanduan makanan tak sehat, karena berkaitan dengan cara otak merespons makanan tertentu.

Studi yang dipublikasikan lewat jurnal Nature ini, mengeksplorasi hubungan antara konsumsi makanan berlemak dengan aktivitas otak. Termasuk keinginan seseorang mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

Ini Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak SehatIni Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Penelitian ini melibatkan tikus yang diberi makanan tinggi lemak (HFD), serta tikus lainnya dengan pola makan standard (SD).

Dalam penelitian itu ditemukan bahwa tikus yang mereka teliti, berhenti memakan hidangan SD setelah mereka melihat makanan HFD.

Ketika makanan HFD diangkat dari sana, tikus ini hanya mau makan sedikit SD. Hal ini menyebabkan tikus tersebut kehilangan berat badannya. Bahkan ada tikus yang sengaja tidak diberi makanan atau puasa, tidak mau menyantap makanan sehat ketika disajikan.

Ini Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak SehatIni Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Akan tetapi perilaku berbeda ditunjukkan oleh tikus-tikus ini. Tikus yang awalnya tak mau makan, langsung berubah kelaparan saat disajikan makanan berkalori tinggi.

Hal ini yang diteliti para peneliti. Aktivitas AgRp Neurons merupakan sekelompok neuron yang mengontrol keseimbangan energi pada tubuh, dan menjadi aktif saat merasa lapar.

Para peneliti juga memperhatikan neuron dopamin otak tengah, yang membuat orang merasa lebih baik.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi makanan tinggi kalori, mengalami penurunan respon neuron setelah menyantap makanan sehat.

Ini Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak SehatIni Penyebab Orang Kecanduan Makanan Tak Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Neuron hanya merespon ketika tubuh menyantap makanan berkalori tinggi. Para tikus tampak enggan menyantap makanan sehat, karena kurang menggugah selera mereka. Dibandingkan dengan makanan berkalori tinggi.

Anehnya lagi AgRP neurons ini sangat sensitif pada makanan berkalori tinggi. Para tikus akan merespon dan mulai makan, meski mereka sedang tidak lapar.

Karena itu para peneliti bisa menyimpulkan mengapa orang-orang kecanduan menyantap makanan tinggi kalori. Karena otak melihat makanan berkalori tinggi ini jauh lebih berharga dan enak. dibandingkan makanan sehat atau makanan dengan kalori standar.

Bahkan otak akan tetap merespon makanan kurang sehat ini, meski dalam kondisi tubuh tidak lapar. Karenanya banyak orang yang makan berlebih saat menyantap makanan tinggi kalori.

Meski begitu penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Apakah efek pada tikus ini sama persis dengan efek neurons pada manusia.

Selain itu ada juga beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kecanduan. Seperti keripik kentang, minuman bersoda, es krim, sampai keju.

Baca Juga: Mirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Kecanduan



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)