Teh Hitam dan Teh Hijau, Mana yang Lebih Sehat?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 25 Okt 2020 05:00 WIB
Teh hitam Foto: iStock

2. Nutrisi Teh Hijau

green tea - teh hijaugreen tea - teh hijau Foto: iStock

Teh hijau juga umum dikonsumsi. Sama-sama terbuat dari tanaman Camellia Sinensis, namun teh hijau tidak mengalami oksidasi. Karena melalui proses pemanasan.

Teh hijau sangat populer di Jepang. Disebut dengan nama ryokucha. Teh hijau di Jepang juga kerap diubah jadi bubuk yang disebut matcha. Konon kandungan kafeinnya jauh lebih tinggi.

Dilansir dari Fat Secret, berikut nutrisi teh hijau dalam ukuran 100 gram. Terdapat 1 kalori dan 0,2 gram karbohidrat. Tak heran mengapa teh hijau banyak dikonsumsi untuk diet karena jumlah kalorinya yang sangat kecil.

Lalu untuk kafein yang terkandung dalam teh hijau ternyata lebih sedikit dibandingkan teh hitam. Terdapat 11 mg kafein yang terkandung dalam 100 gram teh hijau.

3. Manfaat Teh Hitam

glass teapot with chinese tea, cup of herbal teateh hitam Foto: detikFood/iStock

Selain nutrisi yang telah disebutkan, teh hitam juga mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk tubuh. Seperti amino acid dan theanine yang baik untuk meningkatkan konsentrasi dan relaksasi.

Senyawa tersebut membuat peminumnya terhindar dari stres berlebih. Teh hitam juga memiliki theaflavin. Baik digunakan untuk melindungi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Bagi penderita diabetes, teh hitam juga bisa dikonsumsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Tubuh kita juga bisa terhindar dari kolesterol jahat, seperti dilansir Times of India (12/10).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com