8 Buah untuk Diabetes: Pepaya hingga Apel

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 24 Okt 2020 08:00 WIB
salad buah Foto: iStock
Jakarta -

Buah untuk diabetes cukup beragam. Kandungan buah yang baik untuk diabetes adalah yang mengandung tinggi serat dan rendah gula.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Glukosa yang menumpuk di dalam darah karena tidak diserap dengan baik dapat menimbulkan gangguan organ.

Kadar gula di dalam darah dapat dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Akan tetapi pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan.

Buah-buahan mengandung karbohidrat dan gula alami yang disebut dengan fruktosa. Seperti yang dikutip dari WebMD, karena ada karbohidrat buah-buahan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat untuk mencegah peningkatan gula darah secara drastis. Bisa juga dengan cara mengukur besarnya porsi yang disantap agar tak berlebihan.

Dengan cara ini penderita diabetes tidak serta merta "mengharamkan" konsumsi buah-buahan. Karena buah-buahan mengandung antioksidan dan vitamin yang baik untuk menjaga sistem imun.


Dikutip dalam Everyday Health, konsumsilah buah dalam bentuk utuh dan alami serta hindari minuman buah olahan dengan tambahan gula.

Berikut ini beberapa jenis buah yang cocok untuk penderita diabetes:

1. Berries

Buah-buahan seperti blueberry, stroberi atau jenis berry lainnya bisa jadi pilihan untuk penderita diabetes. Menurut American Diabetes Associations (ADA), buah beri adalah makanan super diabetes karena mengandung antioksidan dan serat.

Satu cangkir blueberry segar mengandung 84 kalori dan 21 gram karbohidrat. Jika Anda ingin menikmati buah berries, bisa dengan mencampurkan dengan yogurt tanpa rasa atau dikonsumsi langsung.

2. Ceri Segar

Buah yang tidak boleh untuk diabetes adalah buah yang mengandung tinggi kandungan gula seperti durian. Dalam satu cangkir buah ceri memiliki 52 kalori dan 12,5 gr karbohidrat.

Buah ceri segar juga bisa membantu melawan peradangan dalam tubuh. Ceri juga dikenal dengan antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

racun pada buah dan sayurracun pada buah dan sayur Foto: ilustrasi/thinkstock

3. Apel

Buah apel hanya mengandung sekitar 25 gr karbohidrat. Buah ini juga mengandung serat sekitar 4 gr per buah berukuran sedang. Buah apel mengandung vitamin C sehingga tidak hanya aman dikonsumsi penderita diabetes tetapi juga berfungsi antioksidan pelindung jantung.

4. Jeruk

Buah untuk diabetes dan kolesterol salah satu pilihannya adalah jeruk. Buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem imun. Satu buah jeruk berukuran sedang juga mengandung folat 40 mcg. Selain itu buah jeruk juga mengandung kalium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.

5. Pir

Pir merupakan salah satu buah sumber serat yang baik. Dalam satu buah pir ukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gr serat. Pir juga menjadi buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi. Tak hanya bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, buah pir juga enak dinikmati menjadi salad.

buah baby kiwibuah baby kiwi Foto: Istimewa

6. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, serat, kalium dan antioksidan. Buah ini termasuk ke dalam 27 buah yang punya kepadatan nutrisi. Buah kiwi bisa dinikmati langsung, dicampur salad ataupun dinikmati dengan yogurt.

7. Semangka

Buah semangka mengandung 93,4 persen air. Selain itu semangka juga mengandung vitamin A, B dan C. Semangka juga mengandung asam amino sitrullin, asam amino asetat, asam malat, likopen, karoten hingga sukrosa.

8. Pepaya

Buah pepaya mengandung antioksidan seperti betakaroten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, falvonoid, asam folat, pantotenat, kalsium hingga magnesium.

Buah pepaya juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain menjadi buah untuk diabetes, pepaya juga bisa menyingkirkan radikal bebas, mencegah hipertensi hingga meningkatkan kesehatan jantung.



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)