Apa Benar Pagi Hari Merupakan Waktu Terbaik Untuk Minum Susu?

Odilia WS - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 05:00 WIB
Minum susu Foto: shutterstock
Jakarta -

Susu menjadi pelengkap menu harian karena kaya nutrisi. Tetapi kapan sebaiknya minum susu, pagi saat sarapan atau malam hari sebelum tidur?

Anak-anak dianjurkan oleh para ahli nutrisi untuk minum susu dua kali sehari. Susu dapat memperkuat imunitas sekaligus mendukung pertumbuhan fisik anak-anak.

Hal ini karena susu mengandung protein, lemak, vitamin A, B1, B2, B12, D, magnesium, potassium dan karbohidrat. Satu gelas (240ml) susu mengandung 149 kalori. Karenanya susu dianjurkan untuk dikonsumsi pagi hari sebagai pengisi energi.

Kandungan nutrisi penting dalam susu ini membuat susu diwajibkan dikonsumsi anak-anak juga orang dewasa. Lalu kapan sebaiknya susu dikonsumsi?

happy young woman drinking milk over grey backgroundWaktu yang tepat untuk minum susu Foto: Istock

Minum susu setelah olah raga untuk membangun otot

Karena susu kaya akan protein maka dapat memicu metabolisme dan memberi rasa kenyang. Susu cocok untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Jika dikonsumsi setelah olahraga, susu dapat memicu perkembangan otot dan massa tubuh. Sebuah studi pada 10 orang wanita yang berlatih selama 5 hari seminggu selama 3 bulan. Mereka minum susu bebas lemak usai latihan dan bisa membangun massa otot dan mengurangi lemak tubuh.

Sementara itu dikutip dari ndtv (04/01), Dr Dhanvantri Tyagi dalam ayurveda disebutkan susu seharusnya tak dikonsumsi di pagi hari. Terutama bagi anak-anak di atas 5 tahun.

Glass of milk. Young woman with little braids drinking glass of milk in the morning at homeWaktu yang tepat untuk minum susu. Foto: iStock

Jika dikonsumsi di pagi hari menurutnya, susu bisa membuat rasa berat dan asam di perut. Waktu ideal untuk minum susu antara sore dan menjelang tidur.

Hal ini karena susu mengandung serotonin yang bisa menenangkan pikiran dan membuat rileks sehingga orang bisa tidur lelap. Penyerapan kalsium maksimum dalam tubuh terjadi pada malam hari, saat tubuh istirahat. Demikian juga proses cerna nutrisi susu terjadi pada malam hari.

Tidak ada waktu yang tepat untuk minum susu

Karena belum ada bukti ilmiah mengatakan bahwa susu membantu proses pencernaan. Makanya tak ada waktu ideal buat minum susu agar dicerna dengan baik.

Produk fermentasi susu seperti keffir, yogurt mengandung probiotik yang sangat menguntungkan mikroba dalam usus yang memperlancar pencernaan. Tetapi susu putih atau tawar tidak memiliki kandungan tersebut sehingga tak berpengaruh pada proses pencernaan. Selain itu dianjurkan oleh ahli gizi untuk minum susu tawar tanpa tambahan gula dan perasa agar mendapatkan manfaat nutrisi maksimal.



Simak Video "Optimisme Pemilik Usaha Minuman Susu Berjualan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)