DKI Kembali PSBB Transisi, Ini Tips Aman Makan di Resto dari Pakar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Okt 2020 13:30 WIB
DKI Kembali PSBB Transisi, Ini Tips Aman Makan di Resto dari Pakar Foto: Getty Images/stockstudioX
Jakarta -

PSBB transisi kembali diberlakukan DKI Jakarta hari ini (12/10). Untuk kamu yang mau makan di resto, perhatikan dulu tips aman makan di resto dari pakar ini.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi di DKI Jakarta berlaku mulai Senin, 12 Oktober 2020. Hal ini berdasarkan Pergub No 101 Tahun 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membolehkan 11 sektor esensial kembali beroperasi. Salah satunya restoran, rumah makan, atau kafe.

Baca Juga: DKI Kembali PSBB Transisi, Restoran-Kafe Boleh Dine In dan Gelar Live Music

Bagi kamu yang hendak makan di tempat (dine-in), sangat dianjurkan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pakai masker, rajin cuci tangan, hingga jaga jarak.

Pakar penyakit menular juga membeberkan sejumlah tips aman makan di resto kala pandemi Corona. Berikut detikFood rangkum informasinya dari Medical Express (12/10):

1. Memperhatikan jarak aman

DKI Kembali PSBB Transisi, Ini Tips Aman Makan di Resto dari PakarDKI Kembali PSBB Transisi, Ini Tips Aman Makan di Resto dari Pakar Foto: Getty Images/stockstudioX

Menjaga jarak adalah kunci penting dalam menghindari penularan virus Corona. Untuk di resto, ada rekomendasi populer berupa aturan jarak 1,8 meter antarmeja.

Tapi pakar kesehatan Thomas A. Russo bilang, jarak ini juga tak menjamin kamu terhindar 100 persen dari penularan virus.

Sebab droplet bisa menyebar dalam jangkauan lebih luas. Ada yang menyebut sampai 9 meter dari bersin seseorang atau ketika seseorang lari.

Terlebih jika ada kipas angin di dalam ruangan resto, droplet virus bisa menyebar lebih jauh.

Karenanya disarankan untuk tetap mengenakan masker meski kamu sudah duduk di dalam resto. Hanya lepas masker ketika hendak makan dan minum.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Khawatir Corona, Seberapa Higienis Alat Makan yang Digunakan di Mal?"
[Gambas:Video 20detik]