5 Tips Agar Pesanan Makanan Online dari Restoran Lebih Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 13:30 WIB
Tips Agar Pesanan Makanan Online dari Restoran Lebih Sehat Foto: Getty Images/Xsandra
Jakarta -

Pandemi Corona membuat banyak orang sering pesan antar makanan dari resto. Ada tips agar makanan lebih sehat supaya imunitas tubuh terjaga.

Memesan makanan dari restoran secara online atau layan antar jadi kebiasaan baru banyak orang saat ini. Apalagi restoran dan tempat makan saat ini tidak beroperasi normal karena pandemi Corona. Pesan makanan (take away) pun jadi solusi yang mereka tawarkan.

Saat memesan, sebaiknya kamu perhatikan pemilihan menu. Jangan sekadar memesan makanan yang kamu suka, tapi perhatikan juga kandungan nutrisinya. Pilih yang sekiranya lebih sehat supaya imunitas tubuh kamu tetap terjaga.

Cara lain adalah tetap memesan menu kesukaanmu, tapi perhatikan beberapa tips penyajiannya seperti disarankan ahli gizi Casey McCoy. Dikutip dari Huffpost (8/10), berikut 5 tips membuat pesanan makanan dari resto lebih sehat saat pandemi:

1. Terapkan rasio 1:1:2

Tips Agar Pesanan Makanan Online dari Restoran Lebih SehatTips Agar Pesanan Makanan Online dari Restoran Lebih Sehat Foto: Getty Images/Xsandra

Aturan pertama dari makan sehat adalah menyeimbangkan asupan nutrisi, yang berarti membuat proporsi ideal untuk jenis makanan yang disantap. McCoy menyarankan rasio 1:1:2 untuk karbohidrat, protein, dan sayuran.

Jika digambarkan dalam piring, setengah piring sebaiknya berisi sayuran. Sisanya dibagi dua, dengan setengah berupa protein dan setengah lagi karbohidrat.

Saat pesan beberapa menu, coba aplikasikan rasio 1:1:2 ini. Misal pesan makanan dari restoran Asia, pilih satu porsi mie atau nasi untuk karbohidratnya. Kemudian satu porsi olahan ayam atau daging. Sisanya, dua porsi olahan sayuran. Bisa yang berupa tumis atau sayuran favoritmu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]