11 Manfaat Kunyit dan Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 08:00 WIB
Ginger tea,Asian herbal hot drink made from ginger root. It has been widely use as a herbal medicine in Asia,also usually used to prevent cold and help with digestion, upset stomach, diarrhea, nausea. Foto: iStock
Jakarta -

Kunyit dan jahe memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Keduanya sering dimanfaatkan untuk pelengkap bumbu masakan akan tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kunyit dan jahe sejak dulu memang dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. Salah satu manfaat kunyit adalah dapat membersihkan infeksi dan radang di bagian dalam dan luar tubuh. Sedangkan jahe juga berguna untuk meredakan nyeri hingga atasi rasa mual.

Berikut beberapa manfaat kunyit dan jahe:

Manfaat kunyit

Aromatic turmeric tea with black pepper, cinnamon, cloves and ginger offers many wellness health benefitsAromatic turmeric tea with black pepper, cinnamon, cloves and ginger offers many wellness health benefits Foto: Getty Images/iStockphoto/ThamKC

1. Mencegah kanker

Manfaat kunyit untuk pria dan wanita adalah mencegah kanker. Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit dapat membantu cegah risiko kanker. Selain itu, kandungan antioksidan dan zat anti peradangan dapat membantu kurangi risiko kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

2. Tinggi antioksidan

Kunyit juga mengandung antioksidan yang kuat. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, jika antioksidan Anda kuat, maka Anda dapat memerangi radikal bebas penyebab kanker. Di samping itu, meski beberapa penelitian lanjutan masih dibutuhkan, penelitian awal mengindikasikan curcumin bantu cegah beberapa kanker seperti prostat, kulit, dan usus besar.

3. Redakan nyeri sendi

Ternyata kunyit bisa membantu meredakan nyeri sendi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit dapat meringankan rasa sakit osteoarthritis atau nyeri radang sendi. Ada penelitian lain yang juga menyebutkan kunyit bekerja sebaik ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit akibat osteoarthritis.

4. Lancarkan pencernaan

Kunyit mengandung kukumin yang juga bekerjasama dengan kantong empedu yang bisa membantu lancarkan pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit bisa membantu redakan perut kembung.

5. Mencegah penyakit jantung

Kunyit juga dapat cegah penyakit jantung, karena salah satu peneliti telah berhasil menunjukkan bahwa kurkumin pada kunyit dapat membantu mencegah penumpukan plak yang bisa menyumbat arteri sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Karena kandungan antioksidan, anti peradangan dan antibakteri di dalamnya. Kurkumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Manfaat jahe

Teh jahe bawang putihTeh jahe bawang putih Foto: iStock

7. Redakan mual

Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas dengan wangi khas. Jahe juga dapat membantu meredakan mual. Minum air jahe bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah. Jahe bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi, kemoterapi dan kehamilan (morning sickness).

8. Anti aging alami

Jahe ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Rutin mengonsumsi jahe bisa membantu menjaga kulit agar terlihat tetap awet muda. Sering terpapar oleh radikal bebas membuat kulit terlihat lebih kusam. Jahe mengandung antioksidan yang sangat baik sehingga dapat berperan menjadi anti aging alami.

Kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kulit sehingga tampak lebih cantik dan sehat.

9. Meningkatkan kesuburan

Manfaat jahe untuk wanita berkaitan erat dengan reproduksi. Jahe mengandung L-arginine yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah kita di dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi.

10. Redakan nyeri haid

Nyeri haid (dysmenorrhea) bisa diatasi dengan mengonsumsi 1 gram bubuk jahe pada tiga hari pertama menstruasi. Efek yang dihasilkan jahe sama seperti efek yang dihasilkan oleh obat asam mefenamic dan ibuprofen.

11. Bantu Turunkan Gula Darah

Jahe dapat membantu turunkan gula darah . Dalam studi tahun 2015 yang dilakukan terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari dapat membantu turunkan gula darah puasa sebesar 12 persen.

Meskipun hal ini hanya dilakukan dalam jumlah kecil. Akan tetapi tak ada salahnya untuk menikmati sajian jahe tanpa tambahan gula untuk membantu stabilkan gula darah.





Simak Video "Hangatnya Wedang Tahok Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)