Ini Jenis Minyak Goreng yang Baik untuk Cegah Kolesterol

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 07 Okt 2020 14:30 WIB
Minyak Goreng yamg Baik untuk Cegah Kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/4FR
Jakarta -

Pemilihan minyak goreng untuk memasak harus diperhatikan agar terhindar dari penyakit kolesterol. Lalu seperti apa minyak goreng yang bagus? Ini kata ahli gizi.

Pandemi Corona membuat banyak orang jadi hobi memasak. Hobi ini dipandang baik oleh ahli gizi Seala Septiani karena memudahkan banyak orang dalam mengontrol asupan makanan mereka sendiri.

Minyak Goreng untuk Cegah KolesterolMinyak Goreng untuk Cegah Kolesterol Foto: iStock & dok. Sania Soya Oil

Mengenai jenis makanannya, banyak orang Indonesia gemar makan gorengan. Sayangnya sering kali gorengan dibuat dengan cara tidak tepat. Hasilnya gorengan menjadi sumber lemak trans dan lemak jenuh yang berisiko membuat penyakit kolesterol.

Seala mengingatkan untuk mewaspadai kandungan kolesterol jahat pada tubuh. Salah satunya dengan memilih minyak goreng yang baik saat memasak. Tak hanya itu saja, makanan yang bernutrisi tinggi juga harus diasup agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Minyak Goreng untuk Cegah KolesterolMinyak Goreng untuk Cegah Kolesterol Foto: iStock & dok. Sania Soya Oil

Banyak orang mengaitkan makan gorengan dapat memicu kolesterol. "Sering kan dengar nggak boleh makan gorengan nanti kolesterol tinggi?" kata Seala dalam Webinar Sania Royale Soya Oil (6/10).

Baca Juga: Berapa Kali Sebaiknya Minyak Goreng Dipakai Ulang?

Namun ia mematahkan hal itu karena menurutnya minyak goreng terbuat dari bahan nabati yang bebas kolesterol. Bahan makanan yang akan digoreng-lah yang harus diperhatikan.

Contohnya, makan tempe goreng tak akan sebabkan penyakit kolesterol. Karena tempe merupakan sumber nabati, begitu juga dengan minyak goreng. Namun dalam memilih minyak, sebaiknya pilih yang memiliki kandungan tertentu.

Minyak goreng sebaiknya mengandung lemak tak jenuh tunggal atau MUFA (monounsaturated fat acids) dan asam lemak tak jenuh atau PUFA (polyunsaturated fatty acids). Kedua bahan tersebut sangat baik untuk tubuh dan bisa mencegah penyakit seperti stroke hingga masalah otak.

Minyak Goreng untuk Cegah KolesterolMinyak Goreng untuk Cegah Kolesterol Foto: iStock & dok. Sania Soya Oil

Jenis minyak goreng yang mengandung MUFA dan PUFA yang tinggi adalah soya oil. Dibuat dari kacang kedelai yang merupakan bahan nabati juga.

Soya oil salah satunya diproduksi Sania Royale Soya Oil. Minyak ini mengandung PUFA yang tinggi. Selain itu, soya oil juga punya titik asap cukup tinggi.

Minyak Goreng untuk Cegah KolesterolMinyak Goreng untuk Cegah Kolesterol Foto: iStock & dok. Sania Soya Oil

Titik asap sendiri adalah temperatur ketika minyak atau lemak pada kondisi tertentu menguapkan sejumlah senyawa volatil yang memberikan penampakan asap yang jelas. Titik asap yang baik ialah yang mampu bertahan hingga suhu 230°C sebelum komponen minyak pecah sehingga menjadi lemak jenuh dan berubah menjadi komponen radikal bebas.

Soya oil tak hanya bisa digunakan sebagai dressing saja. Bisa juga digunakan untuk menggoreng, menumis, marinasi, hingga memanggang.

Baca Juga: Ini 10 Minyak Tersehat yang Baik Dipakai untuk Memasak



Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)