Tips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Okt 2020 07:00 WIB
Tips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat Diet Foto: Getty Images/fcafotodigital
Jakarta -

Roti gandum terkenal sehat karena tinggi serat. Tapi sebelum membeli, perhatikan dulu tips memilih roti gandum yang berkualitas.

Roti gandum jadi alternatif roti sehat untuk roti putih atau roti tawar biasa. Sebab jenis roti ini dibuat dari biji gandum yang kaya kandungan serat, protein, vitamin B, hingga mineral.

Mengonsumsi roti gandum jadi pilihan banyak pelaku diet karena bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Bonus lainnya, konsumsi roti gandum bisa sehatkan sistem pencernaan.

Di pasaran ada banyak roti gandum yang ditawarkan, namun tak semuanya benar-benar sehat atau berkualitas. Bisa jadi gandum yang dipakai sebagai bahan pembuatan roti bukanlah bijian utuh atau roti gandum ditambahkan banyak sodium.

Berikut tips memilih roti gandum yang sehat, seperti dirangkum detikFood dari berbagai sumber (6/10):

1. Pilih yang dibuat dari gandum utuh

Tips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat DietTips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat Diet Foto: Getty Images/fcafotodigital

Meski warnanya sama-sama cokelat dan dinamai roti gandum, kamu perlu meneliti komposisi bahannya. Dikutip dari Web MD, pilih yang hanya dibuat dari 100% "gandum utuh" atau "bijian utuh".

Dalam bahasa Inggris istilahnya adalah "100% whole wheat" atau "100% whole grain". Produsen biasanya akan mencantumkan tepung gandum utuh sebagai bahan utama di informasi nilai gizi roti.

Sebaliknya, jika yang ditulis hanya "tepung gandum" atau "diperkaya tepung yang diputihkan" sebaiknya tidak dipilih. Ini berarti roti dibuat dari tepung putih alias tepung gandum, bukan yang gandum utuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]