Penelitian Ungkap Makan Roti dan Pasta Lebih Menyehatkan

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 08:00 WIB
heap of various bread on wooden background Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio
Jakarta -

Kabar baik buat kamu yang senang makan roti dan pasta. Sebuah penelitian mengungkap sering makan roti dan pasta ternyata lebih menyehatkan.

Biasanya makanan warna-warni seperti sayuran dan buah mengandung nutrisi yang tinggi tapi ternyata roti dan pasta yang warnanya natural juga ternyata kaya kandungan gizi. Dilansir dari Metro (15/7) makan roti dan pasta ternyata juga memberi dampak baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine baru-baru ini mengungkap kalau makanan yang mengandung karbohidrat alami seperti roti dan pasta membantu menambah potensi untuk lebih panjang umur.

Penelitian yang melibatkan 416.104 peserta pria dan wanita ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang yakni sekitar 16 tahun. Selama belasan tahun ini peserta dipantau soal pola makan yang dilakukannya setiap hari. Ternyata peserta yang rutin makan roti dan pasta memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.

heap of various bread on wooden backgroundheap of various bread on wooden background Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

Baca juga : Mana yang Lebih Menyehatkan, Sarapan Roti atau Nasi?

Rata-rata peserta mendapatkan 15 persen asupan energi harian dari sumber protein yang terdiri dari 40 persen nutrisi dari sayuran dan buah sementara 60 persen dari protein hewani. Semakin tinggi protein nabati yang diasup maka semakin rendah tingkat kematian seseorang. Artinya orang lebih berpotensi panjang umur ketika banyak mengasup protein nabati.

Hal ini dikaitkan dengan masalah penyakit kardiovaskular. Terlebih lagi bagi orang yang gemar makan roti, pasta dan sereal. Makanan ini bukan hanya enak tapi juga bagus untuk menjaga kesehatan.

Penelitian ini juga membandingkan peserta yang biasa makan telur dan daging dengan peserta yang gemar makan protein nabati. Tingkat kematian orang yang senang makan protein nabati lebih rendah 24 persen pada pria dan 21 persen pada wanita. Sumber makanan nabati termasuk roti, pasta dan sereal yang terbuat dari bahan alami gandum.

Para peneliti mengatakan bahwa hasil yang mereka dapatkan soal konsumsi roti, pasta dan sereal ini bisa menjadi alternatif pola makan yang lebih sehat. Penelitian ini juga mendukung hasil penelitian sebelumnya soal asupan karbohidrat yang bisa menggantikan asupan lemak dan gula untuk menurunkan tekanan darah.

Pasta campur cokelatPasta campur cokelat Foto: Getty Images/iStockphoto/Bartosz Luczak

Baca juga : Nutrisi Roti Gandum Lebih Unggul dari Roti Tawar Biasa

Dilansir dari Healthline (15/7) ada beberapa jenis roti yang bagus untuk kesehatan. Roti ini mengandung serat, vitamin dan mineral dari gandum yang minim proses pengolahan.

Beberapa roti yang dimaksud seperti sourdough, roti gandum utuh, roti gandum atau oat bread dan flax bread. Roti-roti dengan tekstur keras ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Cara menyantap roti ini juga harus jadi bahan perhatian. Roti disarankan disantap utuh tanpa pemanis, sebagai alternatif kamu bisa mengoleskan mentega atau menyantapnya dengan aneka kacang dan biji-bijian. Hindari menyantap roti dengan selai berlebihan agar nutrisinya terjaga.



Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)