Chrissy Teigen Keguguran, Kenali 5 Makanan Penyebab Keguguran Ibu Hamil

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 15:30 WIB
Chrissy Teigen Foto: Instagram @chrissyteigen.dll
Jakarta -

Keguguran bisa dialami ibu hamil, terutama dalam trimester pertama. Sebaiknya hindari makanan penyebab keguguran berikut agar janin tetap kuat.

Kabar duka datang dari foodies sekaligus selebriti Hollywood, Chrissy Teigen. Ia dan suaminya, John Legend, baru saja kehilangan bayi mereka yang disebut Jack. Teigen alami keguguran usai alami pendarahan parah.

Nampak di Instagram, Teigen yang masih ada di kamar operasi menangis tersedu-sedu. Ia sangat kehilangan dan meminta maaf pada Jack karena keadaan begitu rumit saat ia hamil anak ketiganya ini.

Baca Juga: Bayi Ketiga Chrissy Teigen Meninggal Dunia

Ibu hamil memang perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat agar janin yang dikandungnya kuat. Di sisi lain juga harus menghindari makanan yang bisa sebabkan keguguran.

Parenting Firstcry (20/6) dengan dibantu ulasan Dr. Sabiha Anjum merangkum makanan penyebab keguguran di masa-masa awal kehamilan. Berikut daftarnya:

1. Nanas

cara memotong nanas hanya 2 menit.Foto: iStock

Nanas mengandung enzim bromelain yang membuat serviks lemah dan memulai kontraksi sebelum waktunya. Hal ini bisa memicu keguguran.

Wanita hamil sebenarnya boleh makan nanas dalam jumlah sedang selama tahap awal kehamilan. Tapi ketika nanas dikonsumsi terlalu banyak bisa sebabkan pendarahan. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan kalau mau memakannya.

2. Hati ayam

Hati ayam tergolong makanan sehat bagi ibu hamil karena merupakan sumber vitamin A. Usahakan makan dua kali sebulan saja dan jangan berlebihan.

Mengonsumsi terlalu banyak hati ayam atau hati sapi bisa meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

3. Lidah buaya

Healthy Aloe vera juice in a mason jar glass. Top view scene on a wooden paddle board.Foto: iStock

Makanan penyebab keguguran selanjutnya adalah lidah buaya. Meski tumbuhan ini memiliki banyak manfaat sehat, tapi sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsinya.

Lidah buaya mengandung antrakuinon, sejenis obat pencahar yang menginduksi kontraksi rahim dan pendarahan panggul. Hal ini berisiko menyebabkan keguguran.

4. Kopi

Kopi dan minuman berkafein juga bisa memicu risiko keguguran pada ibu hamil. Mengonsumsinya dalam jumlah wajar sebenarnya tak mengapa, namun jika berlebihan sangat berbahaya.

Penelitian menunjukkan akibatnya bisa keguguran atau bayi kekurangan berat badan ketika lahir. Selain itu kafein memiliki efek diuretik yang ringan. Kafein tidak hanya ada dalam kopi, tetapi juga dalam teh, coklat, dan beberapa minuman energi.

5. Produk olahan susu mentah

ilustrasi keguguranFoto: iStock

Satu lagi makanan penyebab keguguran yang perlu diwaspadai ibu hamil. Hindari konsumsi produk olahan susu (dairy) yang mentah.

Misalnya susu atau keju yang tidak dipasteurisasi. Produk ini rentan keberadaan bakteri yang membahayakan kehamilan. Mengonsumsi produk ini juga bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan.

Baca Juga: Di Awal Kehamilan Hindari Konsumsi 10 Makanan yang Bisa Memicu Keguguran Ini



Simak Video "Bumil yang Makan Full English Breakfast Bisa Bikin Bayi Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)