7 Cara Detoks Tubuh yang Gampang, Nggak Perlu Diet!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 08:00 WIB
Healthy Lifestyle, Food. Happy Woman Drinking Summer Refreshing Fruit Flavored Infused Water With Fresh Organic Lemon, Lime, Mint. Detox Vitamin-fortified Water. Healthy Eating. Vitamin, Diet Concept. Foto: iStock

3. Cuci semua bahan makanan segar

Tak terkait pola makan, mencuci semua bahan makanan segar juga termasuk cara detoks tubuh yang mudah. Proses ini bisa menyingkirkan semua racun-racun yang menempel di buah, sayur, atau bahan makanan lainnya.

Terutama pestisida yang sering ada pada buah dan sayur. Konsumsinya secara tak sengaja bisa berbahaya karena sebabkan diare, mual, sampai nyeri perut.

4. Rajin minum teh hijau

healthy green tea  isolated on white backgroundFoto: iStock

Teh hijau telah terbukti memiliki banyak manfaat sehat. Minum 4 sampai 5 cangkir teh hijau per hari, diimbangi rutin olahraga, bisa menyingkirkan lemak perut membandel.

Teh hijau juga tinggi antioksidan catechin yang bisa meningkatkan fungsi liver. Lemak akan diubah menjadi energi dan produksi enzim detoks tubuh untuk melawan kanker juga meningkat.

Baca Juga: Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membantu Perut Cepat Ramping

5. Rutin olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang membawa banyak manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan mood, sampai energi.

Olahraga dan minum minuman yang cukup setelahnya (hidrasi) ternyata juga bermanfaat untuk menyingkirkan racun dalam tubuh. Sistem pencernaan dan sirkulasi darah dalam tubuh juga akan lebih lancar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com