Minum Air Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh, Ini Kata Ahli

Odilia WS - detikFood Jumat, 25 Sep 2020 08:00 WIB
air putih Foto: iStock
Jakarta -

Terlihat sepele, minum air dalam takaran cukup bisa memperkuat daya tahan tubuh. Bagaimana air berperan penting buat kesehatan? Ini kata ahli.

Air merupakan kebutuhan kedua paling penting bagi manusia setelah oksigen. Manusia tak dapat hidup tanpa minum air. Tubuh manusia dewasa 60% terdiri dari air. Selain itu otak dan hati 73% nya berupa air dan paru-paru mengandung 83% air. Bahkan tulang pun mengandung 31% air.

Sementara kulit manusia mengandung 64% air, otot dan ginjal mengandung 79% air. Fungsi penting air untuk manusia dibuktikan dengan kenyataan bahwa manusia bisa bertahan hidup beberapa hari tanpa makanan. Tetapi tanpa konsumsi air orang hanya bisa bertahan beberapa air saja.

Air berperan penting dalam sistem tubuh, mulai dari sel hingga oragn-organ penting. Bagian tubuh tersebut tak akan berfungsi tanpa asupan air. Berikut ini beberapa fungsi penting air dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti dilansir dari ndtv (23/9).

1. Air merupakan pertahanan pertama melawan penyakit kronis

Asupan air yang cukup bisa membuat tubuh mampu menangkal beragam jenis penyakit serius seperti arthitis dan sakit sendi. Air yang kaya kalsium bisa mencegah penyakit ini mengendalikan penyakit ini.

Kekurangan air bisa membuat otak kurang memproduksi serotonin. Otak perlu air cukup untuk memproduksi melatonin dan kekurangan air bisa memicu insomia.

3D render illustration of the row of plastic bottles with clear purified drink carbonated water isolated on white background with selective focus effectAir putih perkuat daya tahan tubuh. Foto: iStock

2. Air mendukung produksi getah bening

Sistem kekebalan tubbuh memakai getah bening untuk mendistribusikan sel darah putih dna nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Tubuh memerlukan getah bening untuk memproduksi getah bening.

Jika kekurangan getah bening maka sel darah putih dan sel kekebalan lainnya tidak dapat menyebari ke seluruh tubuh untuk memerangi penyakit. Termasuk penyakit serius.

3. Air memperlancar pencernaan

Daya tahan tubuh yang kuat bisa didapat melalui asupan makanan bernutrisi. Sementara makanan kaya nutrisi bisa dicerna atau diproses dengan baik berkat bantuan air. Karena itu asupan air harus mencukupi kebutuhan tubuh.

Kekurangan air bisa membuat usus dan sistem pencernaan tak berfungsi dengan baik. Umumnya orang mengalami konstipati atau kesulitan BAB. Atau mengalami gangguan pencernaan lainnya.

Tren Minum Air PutihAir putih untuk perkuat daya tahan tubuh. Foto: Istimewa

4. Air bisa membersihkan racun

Seperti darah, air atau cairan dalam tubuh merupakan pembawa oksigen ke seluruh sel tubuh. Ini agar sistem tubuh bisa berfungsi secara optimal.

Asupan air yang cukup juga membuat membuat ginjal bisa mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Jika kekurangan air makan racun bisa merusak sistem kekebalan tubuh.



Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)