5 Menu Sarapan Tradisional Orang Jepang Ini Bikin Panjang Umur

Riska Fitria - detikFood Minggu, 20 Sep 2020 09:00 WIB
Menu sarapan tradisional Jepang Foto: Savor Japan
Jakarta -

Orang Jepang dikenal memiliki gaya hidup sehat, termasuk dalam hal pola makan. Untuk mengawali hari, mereka mengonsumsi menu sarapan tradisional yang kaya nutrisi ini.

Setiap negara memiliki menu sarapan tradisional tersendiri. Seperti negara Barat yang lebih cenderung mengonsumsi makan yang sarat gula seperti sereal, roti hingga pancake. Berbeda dengan orang Jepang yang mengonsumsi nasi, makanan fermentasi hingga ikan-ikanan.

Menu sarapan tradisional Jepang ini memenuhi unsur gizi seimbang, mulai dari protein, vitamin, mineral, serat, karbohidrat hingga antioksidan lainnya. Hal itulah yang menjadi pedoman menu sarapan dan menjadi rahasia panjang umur bagi masyarakat Jepang.

Awalnya orang Jepang hanya makan dua kali sehari, tetapi pada abad ke-17 mereka mulai makan tiga kali sehari. Untuk sarapan, ada konsep tersendiri yaitu 'ichiju sanchai' atau artinya 'satu sup 3 hidangan'. Biasanya konsep itu terdiri dari miso soup, ikan, sayuran, natto hingga nori.

Dilansir dari Savor Japan (08/11) berikut 5 menu sarapan tradisional Jepang yang bisa bikin panjang umur:

1. Ikan

Menu sarapan tradisional JepangMenu sarapan tradisional Jepang Foto: Savor Japan

Ikan merupakan salah satu menu sarapan tradisional Jepang yang masih populer hingga saat ini. Biasanya orang Jepang mengolah ikan dengan cara dipanggang untuk sarapan. Sementara untuk jenis ikannya sendiri, mereka lebih sering memilih jenis mackerel atau ikan tombak.

Atau ada juga menu sarapan tradisional Jepang yang disebut shirasu. Berupa nasi yang diberi ikan teri kecil-kecil. Orang Jepang memang dikenal sebagai pencinta ikan. Jika dilihat dari nutrisinya, ikan kaya akan protein dan mineral.

Seperti ikan mackerel misalnya yang memiliki nutrisi berupa asam lemak omega-3 dalam jumlah yang tinggi. Selain itu juga ada asam folat, vitamin A, vitamin E, kalsium dan lainnya, seperti yang dikutip dari Winnetnews (30/01).

Baca Juga : Punya 4 Manfaat, Benarkah Ikan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3