Punya 4 Manfaat, Benarkah Ikan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 15 Mei 2019 11:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Saat diet, Anda mungkin lebih memilih konsumsi ikan. Tapi benarkah ikan dapat membantu menurunkan berat badan?

Memiliki tubuh sehat mungkin telah menjadi idaman semua orang. Banyak orang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang sempurna. Pola makan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi berat badan Anda.

Konsumsi makanan sehat memang dapat menurunkan risiko obesitas dan menghindari komplikasi dari penyakit apapun. Untuk mencapai berat badan yang ideal dan sehat, disarankan untuk menambahkan nutrisi sehat tertentu ke dalam menu diet Anda.

Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh yang sehat. Ikan dan makanan laut lainnya disebut para ahli kesehatan sebagai salah satu sumber protein paling sehat.

Seperti yang telah dilansir dilaman NDTV Food (08/05/2019), berikut beberapa alasan mengapa ikan dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Baca Juga: 6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih Tajam

1. Protein Berkualitas Tinggi

Punya 4 Manfaat, Benarkah Ikan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?Foto: iStock

Ikan adalah sumber protein tanpa lemak yang bagus. Jumlah proteinnya tergantung pada jenis ikan yang Anda pilih untuk dikonsumsi. Tapi yang jelas ikan memiliki protein berkualitas tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Karena protein bisa membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan membantu memperbaiki otot dengan cepat.

2. Lemak Sehat

Punya 4 Manfaat, Benarkah Ikan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?Foto: iStock

Mungkin Anda berfikir bahwa lemak adalah alasan utama berat badan naik, tapi sebenarnya lemak dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi tetap harus diperhatikan jenis lemak apa yang baik dikonsumsi. Jenis lemak yang terdapat dalam ikan adalah asam lemak omega-3, yang dapat melindungi jantung dan dikenal dapat menstabilkan berat badan menjadi lebih baik.

3. Rendah Kalori

Punya 4 Manfaat, Benarkah Ikan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?Foto: iStock

Makanan yang rendah kalori memang sangat dibutuhkan untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Nah ikan termasuk makanan yang rendah kalori yang dapat membantu Anda tetap kenyang dan dapat membuat tubuh tetap bugar.

4. Menjaga Metabolisme yang Sehat

Punya 4 Manfaat, Benarkah Ikan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?Foto: iStock

Ikan kaya akan yodium, yang dapat bertanggung jawab atas berfungsinya hormon tiroid. Hormon tiroid adalah salah satu hormon paling penting dalam tubuh karena keberadaannya dapat memengaruhi tiap sel dan organ. Dengan konsumsi makanan bergizi, maka dapat menjaga tingkat tiroid naik, dan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Ikan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan Anda adalah salmon, tuna, sarden, makarel hingga kakap. National Health Service di Inggris merekomendasikan untuk konsumsi dua porsi (140 gram per porsi) ikan per hari.

Baca Juga: Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Keren hingga Kulineran Ala Ibu Ayu Ting Ting (lus/lus)