5 Kesalahan Sepele yang Dilakukan Orang Saat Menyeduh Teh

Odilia WS - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 06:00 WIB
glass teapot with chinese tea, cup of herbal tea Foto: detikFood/iStock
Jakarta -

Menyeduh teh terlihat sepele, tinggal menaruh daun teh dalam air panas. Nyatanya 5 kesalahan sepele ini sering dilakukan orang saat menyeduh teh.

Di masa pandemi corona banyak jenis teh ditawarkan di toko online dari berbagai tempat. Ada yang dipadukan dengan herba, bunga dan buah untuk menambah khasiat sehat. Ada juga yang dijual dalam bentuk teh daun dengan kualitas premium.

Apapun jenis tehnya, apalagi yang mahal tak akan bisa menghasilkan air teh yang harum dan enak jika salah menyeduhnya. Menyeduh teh tak sekedar menaruh daun teh kemudian disiram dengan air panas. Tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Dari suhu air, jenis ketel hingga menyimpan tehnya.

Dilansir dari ndtv (16/9) dan berbagai sumber, berikut ini kesalahan umum dan sepele yang banyak dilakukan saat menyeduh teh.

1. Penyimpanan

Teh yang terbuat dari daun teh camelia sinensis mudah hilang aromanya jika terpapar udara dan terkena sinar matahari. Sebaiknya simpan dalam wadah bertutup rapat dan taruh di tempat sejuk yang bebas paparan sinar matahari.

Jangan langsung membuka kemasan teh dan menumpahkan ke dalam wadah. Karena daun teh akan langsung terpapar sinar matahari. Sebaiknya kemas dalam kantong kertas, tutup rapat lalu taruh lagi dalam wadah bertutup rapat atau kedap udara.

Daun teh mudah menyerap bau-bauan. Karenanya jangan menaruh dalam rak bersama wadah bumbu atau rempah. Aroma akan diserap oleh daun teh sehingga saat teh diseduh akan beraroma rempah. Lakukan yang sama saat menyimpan teh dalam bentuk teh kantong.

afternoon tea5 Kesalahan Sepele Saat Menyeduh Teh Foto: iStock

2.Air

Membuat air teh hanya memerlukan daun teh dan air. Setelah memilih daun teh berkualitas sebaiknya pilih juga air yang bagus. Selalu gunakan air segar dan bersih, bikan air matang yang sudah direbus. Hindari memakai air PAM karena biasanya dicampur dengan bahan penjernih beraroma tajam.

Gunakan air mineral atau air bersih layak minum, bisa yang disaring dari mesin penyaringan. Pilih air putih yang bebas bau karena jika dipakai untuk menyeduh teh akan mempengaruhi rasa dan aroma teh. Jenis air putih akan sangat berpengaruh pada hasil seduhan teh.

3. Suhu air

Hal yang paling penting dalam menyeduh teh adalah pemakaian air panas dengan suhu tepat, sesuai dengan jenis teh. Teh hitam dan teh hijau harus diseduh dengan air panas yang suhunya tepat.

Air panas akan mendorong ekstrak alami daun teh keluar dan larut dalam air. Sebaiknya gunakan teko atau ceret dari stainless steal dan hindari memakai teko aluminium karena air akan bereaksi dengan aluminium.

Jika memakai teko listrik pantau suhunya, jika terlalu lama direbus, oksigen dalam air akan hilang yang akan berpengaruh pada rasa air dan teh. Teh hitam sebaiknya diseduh dengan air bersuhu 90 C - 100 C. Sedangkan teh hijau bisa diseduh dengan air bersuhu 65 C - 75 C.

4. Merebus daun teh

Mungkin seringkali kamu mencicipi teh yang pahit dan sepat sekali. Bisa jadi karena salah dalam menyeduhnya. Di kampung-kampung orang biasa menuangkan air di ketel kemudian ditambahkan sebungkus teh daun hitam dan direbus hingga mendidih.

Air yang panas melebihi suhu yang disarankan dalam proses 'merebus' daun teh akan menghasilkan rasa teh yang pahit dan sepat berlebihan. Ada orang yang suka tetapi ada yang kurang menyukai rasa pekat teh ini. Akhirnya mereka menambahkan susu dan gula.

Saat merebus air untuk menyeduh teh, sebelum mencapai titik didih, bergolak besar, matikan api. Biarkan air beberapa saat barulah pakai untuk menyeduhnya. Lamanya menyeduh bisa disesuaikan dengan kepekatan teh yang diinginkan.

afternoon tea5 Kesalahan Sepele Saat Menyeduh Teh Foto: iStock

5. Menambahkan gula dan susu

Bukan hanya jadi perdebatan rakyat biasa, Istana Buckingham hingga White House pernah membahas penambahan susu dan gula pada teh. Padahal masyarakat Inggris terbiasa menambahkan susu dan gula pada teh hitam yang diseduhnya.

Perdebatan warga Inggris pada cara menambahkan susu cair ke dalam teh. Apakah susu dingin dituangkan dulu ke dalam cangkir baru kemudian air teh panasnya. Atau sebaliknya, teh dulu baru susunya. Tetapi tidak dianjurkan menuangkan susu panas ke dalam teh panas karena akan terbentuk genangan lemak di permukaan teh.

Cara apapun yang dipilih untuk menambahkan susu perlu diingat bahwa susu dan gula akan menambah asupan kalori dalam secangkir teh. Sebaiknya nikmati teh hitam tanpa tambahan gula dan susu.



Simak Video "Pertama di Indonesia! Lomba Menyeduh Teh dengan Cara Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com