PSBB DKI Jakarta, Ini Tips Aman Pesan Makanan Online

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 14 Sep 2020 18:30 WIB
Netizen pesan makanan via ojol untuk memastikan keberadaan pacarnya Foto: Twitter @Mbendol52768653
Jakarta -

PSBB DKI Jakarta mulai berlaku hari ini. Kalau mau pesan makanan online, ada tips yang perlu diperhatikan agar kamu terhindar dari risiko penularan Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai hari ini, Senin (14/9). Kebijakan ini mempengaruhi berbagai sektor, termasuk usaha makanan seperti restoran dan rumah makan.

Anies melalui Instagramnya (11/9) mengatakan, "Seluruh usaha makanan seperti rumah makan hanya boleh menerima pesanan untuk dibawa pulang/diantar." Dengan kata lain, restoran dan rumah makan tidak bisa lagi melayani pengunjung makan di tempat (dine-in).

Baca Juga: PSBB DKI Jakarta Anies Baswedan, Begini Aturan Saat Berada di Restoran

Nah, bagi kamu yang ingin memesan makanan online, seperti lewat ojek online (ojol) atau drive thru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini demi menjaga kesehatan sekaligus keamanan makanan di tengah pandemi Covid-19.

Berikut 5 tips aman pesan makanan online selama masa PSBB DKI Jakarta:

1. Membayar dengan uang elektronik

GoPayFoto: Dok Gojek

Dikutip dari Good Housekeeping (25/3), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan panduan untuk memesan makanan online yang juga cocok diterapkan di Indonesia. Salah satu yang utama adalah memanfaatkan teknologi pembayaran online.

Sebaiknya gunakan uang elektronik sehingga tak ada kontak fisik antara pembeli dengan penjual/pengantar. Kalaupun terpaksa menggunakan uang tunai, taruh uang itu di satu tempat, lalu biarkan diambil oleh penjual/pengantar sendiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "d'Happening Viral S3 Marketing Odading Mang Oleh"
[Gambas:Video 20detik]