Info Sehat

Populer Sebagai Minuman Tradisional, Ini 5 Fakta Teh Daun Kopi yang Kaya Khasiat

Riska Fitria - detikFood Kamis, 10 Sep 2020 07:00 WIB
Teh daun kopi Foto: PERFECT DAILY GRIND

3. Rasa Teh Daun Kopi

Teh daun kopiTeh daun kopi Foto: iStock

Teh daun kopi memiliki beberapa kesamaan dengan teh hijau. Namun, rasanya lebih manis. Rasanya digambarkan seperti ada jejak tanah. Sebagian orang menganggap bahwa rasanya mirip seperti kopi. Namun, seorang Marketing Communications Manager for Impact Roasters, Lina Sazanauskaite justru beranggapan sebaliknya.

"Meski terbuat dari daun kopi, tetapi rasanya sama sekali berbeda dengan kopi," ujar Lina, seperti yang dikutip dari Perfect Daily Grind (07/09).

Lebih lanjut, Lina menjelaskan bahwa mungkin bagi yang pertama kali mencicipinya rasanya seperti kopi. Namun, lama kelamaan rasa kopi itu akan tidak terasa sedikit pun. Namun, sama seperti biji kopi, rasa teh daun kopi berbeda-beda tergantung di mana biji kopi itu ditanam.

4. Nutrisi Teh Daun Kopi

Teh daun kopiTeh daun kopi Foto: iStock

Kandungan kafein dalam teh daun kopi lebih rendah daripada teh hijau. Selain itu, teh daun kopi juga kaya akan antioksidan sehingga dapat berperan untuk menyembuhkan atau meredakan gejala flu, melawan penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Nutrisi dan khasiat teh daun kopi juga telah dibuktikan oleh para peneliti dari Royal Botanic Gardens di South-west London, Inggris bersama dengan para peneliti di Montpellier, Prancis.

Dalam penelitian tersebut, ada tujuh jenis spesies tanaman kopi yang mengandung senyawa kimia mangiferin. Senyawa kimia itu memiliki banyak khasiat, mulai dari sifat anti peradangan, menurunkan kadar kolesterol, melinduni saraf otak hingga mengurangi risiko diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Kesibukan di Kampung Ketupat Bogor Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com