Info Sehat

Populer Sebagai Minuman Tradisional, Ini 5 Fakta Teh Daun Kopi yang Kaya Khasiat

Riska Fitria - detikFood Kamis, 10 Sep 2020 07:00 WIB
Teh daun kopi Foto: PERFECT DAILY GRIND
Jakarta -

Tak hanya biji kopinya saja yang dapat dimanfaatkan, tetapi daun dari tanaman kopi juga bisa diolah jadi teh. Dikenal dengan sebutan kawa daun yang kaya akan khasiat.

Umumnya teh diolah dari tanaman bernama Camellia sinensis. Namun, ada juga teh yang diracik dari daun kopi. Ya, daun kopi yang biasanya dibuang begitu saja ternyata juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan.

Racikan teh daun kopi ini sudah ada sejak abad ke-19 dan kini menjadi populer. Di balik itu semua, ada kisah menarik tentang awal mula kemunculan teh daun kopi. Nah, teh daun kopi ini mudah dibuat. Selain itu rasanya juga memiliki ciri khas tersendiri.

Nutrisi yang terkandung dalam teh daun kopi ini juga beragam. Maka tak heran, khasiat yang diberikan pun sangat banyak. Dari segala keistimewaan teh daun kopi tersebut, akankah racikan teh ini menjadi populer di kancah dunia?

Berikut 5 fakta tentang teh daun kopi.

1. Asal-muasal Teh Daun Kopi

daun kopi diolah jadi teh dan urapdaun kopi diolah jadi teh dan urap Foto: iStock

Teh daun kopi sangat populer di Sumatera dan Jawa. Selain itu ada beberapa negara lain yang sering mengonsumsi teh daun kopi, seperti Ethiopia, Jamaica, India, hingga Sudan. Di Indonesia sendiri, awal mula masyarakatnya meracik teh daun kopi sejak abad ke-19.

Saat ada penjajahan Belanda yang mengangkut tanaman kopi ke wilayah pertanian tertentu di Indonesia. Para pekerja di perkebunan kopi itu dilarang keras untuk mengonsumsi kopi yang mereka panen, sehingga mereka meminum sesuatu yang disebut kawa daun. Kawa daun adalah minuman daun kopi yang diseduh seperti teh.

2. Cara Membuat Teh Daun Kopi

Teh daun kopiTeh daun kopi Foto: PERFECT DAILY GRIND

Mudah untuk meracik teh daun kopi. Caranya bahkan sama persis dengan membuat teh pada umumnya. Pertama, Daun kawa atau daun kopi yang telah dipetik dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Cara ini bertujuan untuk mengurangi rasa pahit saat diseduh nanti.

Setelah itu, daun kopi diasapi dan disangrai selama beberapa jam. Ketika sudah mengering, daun kopi baru dapat diseduh dalam air mendidih. Biasanya orang dulu menyajikan teh daun kopi menggunakan batok kelapa. Teh daun kopi dapat dikonsumsi saat pagi hari.

Baca Juga : Teh dari Daun Kopi Kini Mulai Jadi Tren

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]