Mie Instan Sehat, Apa Benar-benar Lebih Menyehatkan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Sep 2020 09:00 WIB
Fakta mie instan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/FernandoChee

2. Bahan mie instan berubah, tapi tetap ada tepung

Fakta mie instan sehatFakta mie instan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/FernandoChee

Mie instan biasa terbuat dari tepung terigu olahan yang terkenal minim serat dan mineral, namun mie instan sehat dibuat dari tepung nonterigu. Salah satunya tepung kacang tanah yang digunakan produsen Bambara. Pihaknya mengklaim tepung ini lebih tinggi serat dan bisa menyehatkan pencernaan.

Ada juga yang terbuat dari daun moringa yang disebut-sebut mengandung serat 2-3 kali lebih banyak dibanding mie instan biasa. Namun Sarah Benjamin Huang selaku chef dan penulis makanan mengatakan bukan berarti komposisi mie instan sehat benar-benar bebas tepung.

Mie instan tetap butuh tepung terigu untuk membuat teksturnya kenyal. "Anda butuh gluten dari tepung terigu untuk membuat mie rekat satu sama lain. Anda harus menggunakan tepung terigu sebagai komponen utama jika ingin mendapatkan tekstur mie yang bisa diseruput, jelas Huang.

3. Bagaimana dengan mie shirataki?

Fakta mie instan sehatFakta mie instan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/FernandoChee

Menyebut mie instan sehat juga tak bisa meninggalkan mie shirataki yang sangat populer di kalangan pelaku diet. Sebab mie ini minim kalori dan bikin cepat kenyang. Huang menjelaskan tiap 100 gram mie instan biasa mengandung 60 gram karbohidrat dan 400 kalori.

Sementara mie shirataki hanya mengandung 1 gram karbohidrat dan sekitar 15 kalori per 100 gramnya. Karenanya mie ini jadi pilihan pelaku diet rendah karbohidrat ataupun diet keto.

Mie shirataki juga mengandung serat larut bernama glukomanan, yang membantu mengurangi risiko sakit jantung. Namun Huang mengatakan seberapapun sehat mie shirataki, sebagai chef menurutnya rasa tetaplah nomor satu.

"Jika pilihan yang lebih sehat ini (mie shirataki) tidak terasa enak, teksturnya tidak terlalu memuaskan, maka konsumsi mie ini tidak bisa menuntaskan ngidam mie instan yang datang sesekali," katanya.

Baca Juga: Apa Benar Makan Shirataki Bisa Turunkan Berat Badan?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com