Apa Benar Makan Shirataki Bisa Turunkan Berat Badan?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 25 Agu 2016 13:04 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Jenis mie asal Jepang ini sudah lama dikonsumsi. Belakangan mie ini populer karena mampu bantu turunkan berat badan.

Shirataki disebut juga 'white waterfall'. Ini menunjukkan bentuknya yang bening transparan agar putih dan mulur. Dibandingkan dengan jenis mie lain, shirataki lebih mulur dan berair.

Mie ini dibuat dari 100% umbi gajah atau konjac. Rasanya hambar dan agak liat dikunyah. Umumnya dijual dalam keadaan basah dalam kemasan plastik berisi air dan kering seperti suun.



Di Jepang shirataki biasa dikonsumsi sebagai pelengkap sukiyaki, direbus dengan saus shoyu dan bahan lainnya. Juga dibuat tumisan dengan paduan udang dan daging sapi atau ayam.

Mie khas Jepang ini dijuluki sebagai 'mie ajaib' karena sangat rendah kalori. Tak heran jika mie ini jadi pilihan mereka yang sedang berdiet.

Setiap 100 gram shirataki mengandung 15 kalori, 0.02 gram lemak dan 3.44 gram karbohidrat dan 0.19 gram protein. Karena 97 % berupa air dan berserat tinggi maka konsumsi shirataki akan memberi rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, shirataki juga mengandung glucomannan, serat larut yang baik untuk mengobati sembelit, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga gula darah stabil.

Glucomannan merupakan prebiotik yang membantu memberi makan bakteri probiotik yang ada di dalam usus. Hal ini membantu sistem pencernaan lancar dan mencegah kembung.

Konsumsi shirataki dapat mengurangi konsumsi karbohidrat secara keseluruhan.

Dikutip dari Women's Health (22/8) Samantha Cassetty, R.D., direktur bagian nutrisi di Luvo punya pendapat sendiri. Menurutnya kalau hanya makan shirataki saja tanpa mengubah hal lain tentu tak bisa menurunkan berat badan secara drastis.



Penurunan berat badan yang sebenarnya merupakan merupakan efek dari makan sehat dan gizi seimbang yang konsisten. Seperti mengonsumsi sayuran, protain sehat, lemak sehat, porsi karbohidrat yang cukup berupa buah dan sayuran.

Perlu diingat, meskipun ada manfaat sehat dari shirataki tetapi kandungan nutrisi setiap merk shirataki berbeda. Ada merk yang menambahkan nutrisi ekstra seperti protein dan serat agar memberi rasa kenyang lebih lama.

Agar lebih enak mengonsumsi shirataki, tambahkan edamame, irisan wortel, brokoli dan sayuran lain agar ada tambahan asupan serat.

Di Jakarta dan kota besar lainnya, shirataki bisa dibeli dalam keadaan segar di supermarket besar atau toko bahan makanan Jepang dan Korea. beberapa menjual dalam keadaan kering. Jangan lupa baca petunjuk pada kemasannya untuk mengonsumsi dan mengolahnya. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com