9 Minuman Penambah Darah Hasil Olahan Buah dan Sayur Alami

Puti Yasmin - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 09:00 WIB
Beautiful woman sitting with healthy green food and drinking smoothie at home. Vegan meal and detox concept Foto: iStock/Ilustrasi 9 Minuman Penambah Darah Hasil Olahan Buah dan Sayur Alami
Jakarta -

Jangan remehkan kalau tubuh sering merasa lemas, lelah terus menerus atau pusing. Mungkin saja ini gejala kekurangan darah atau anemia. Ini merupakan kondisi yang terjadi akibat minimnya sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mengonsumsi minuman penambah darah bisa jadi solusi.

Minimnya hemoglobin diakibatkan kekurangan zat besi. Karena itu dibutuhkan asupan yang bisa membantu terpenuhinya zat besi yang memadai. Selain dari suplemen, asupan ini bisa didapatkan dari olah berbagai buah dan sayur alami.


Nah, berikut minuman penambah darah untuk mengatasinya:

1. Jus Bayam

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanMinuman Penambah Darah Foto: iStock

Bayam diketahui mengandung kalium dan folat yang bisa menjaga tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, jenis sayuran penambah darah ini mengandung vitamin A dan E yang tinggi bisa mempercepat pembentukan sel darah merah.

2. Air Jeruk

Ilustrasi wanita hamil makan jeruk atau buahMinuman Penambah Darah Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriy_G

Air dari buah jeruk bisa menjadi minuman penambah darah rendah. Sebab, buah ini mengandung asam folat yang tinggi untuk membantu tekanan darah. Ada juga vitamin C yang bisa mempercepat penyerapan zat besi yang memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

3. Jus Buah Delima

Anorexic young girl eating pomegranate with disgust in kitchenMinuman Penambah Darah Foto: ilustrasi/thinkstock

Selain enak untuk dinikmati, buah delima juga bisa membantu menambah pasokan darah dalam tubuh. Buah ini memiliki zat besi dan juga vitamin, seperti A, C, dan E untuk membantu pembentukan darah.

4. Anggur

Anggur Ruby RomanMinuman Penambah Darah Foto: NextShark

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, anggur menjadi salah satu buah yang dapat menambah darah tubuh. Buah ini memiliki kandungan asam folat dan vitamin A yang bisa mempercepat pembentukan sel darah.

5. Semangka

Banyak Semangka Suntik, Kenali Ciri Semangka Masak dan ManisMinuman Penambah Darah Foto: Getty Images/iStockphoto/cihatatceken

Zat besi pada semangka bisa membantu pembentukan darah menjadi lebih cepat di dalam tubuh. Selain itu, ada juga kandungan vitamin C yang dapat menyerap zat besi guna mendorong aliran darah lebih lancar.

6. Stroberi

Resep Selai Stroberi RumahanMinuman Penambah Darah Foto: iStock

Buah berwarna merah ini kaya akan kandungan asam folat. Selain itu, ada juga vitamin A yang terkandung dalam buahnya yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

7. Kurma

biji kurmaMinuman Penambah Darah Foto: istimewa

Buah penambah darah yang lainnya adalah kurma. Buah ini memiliki antioksida yang sangat tinggi. Ada juga zat besi yang bisa meningkat kadar darah demi mencegah kekurangan darah.

8. Jambu Biji

jambu bijiMinuman Penambah Darah Foto: iStock

Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu pembentukan sel darah dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya kandungan potasium.

9. Kacang Hijau

cara membuat bubur kacang hijauMinuman Penambah Darah Foto: iStock

Kacang hijau menjadi minuman penambah darah untuk ibu hamil dan pasien anemia. Sebab, biji-bijian ini mengandung zat besi yang bisa meningkatkan hemoglobin atau sel darah dalam tubuh.

Selamat mencoba minuman penambah darah!



Simak Video "Masak Masak: Camilan Sehat dari Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)