5 Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 06:00 WIB
Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

4. Sup ayam

Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit TenggorokanMenu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Saat ingin sarapan ringan dan tak bikin tenggorokan tersiksa, cobalah semangkuk sup ayam. Hidangan ini selalu bisa meredakan rasa sakit, termasuk sakit tenggorokan.

Seperti diketahui, sakit tenggorokan merupakan akibat dari inflamasi dan dehidrasi. "Cairan seperti kaldu dalam sup ayam, tidak hanya bisa mengganti kehilangan air dalam tubuh tapi juga membantu tubuh menahan cairan di dalam jaringan karena kandungan garamnya," jelas Dr. Li.

Apalagi sup ayam juga berisi potongan daging ayam dan sayuran seperti wortel dan kentang yang baik untuk imunitas tubuh. Jika ingin lebih mengenyangkan, kamu bisa pilih sarapan sup ayam plus nasi.

5. Yogurt

Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit TenggorokanMenu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Satu lagi menu sarapan yang bagus dilahap saat sakit tenggorokan, yogurt. Makanan ini merupakan sumber protein yang baik dengan kandungan tambahan karbohidrat, lemak sehat, dan probiotik.

"Bakteri baik ini bisa meningkatkan fungsi imun dan mencegah bakteri-bakteri jahat masuk dalam tubuh," kata Dr. Li. Ia juga mengatakan mungkin ada kaitan antara konsumsi yogurt dengan pengurangan angka infeksi pernafasan dan nyeri telinga.

"Selain itu, tekstur yogurt yang lembut dan dingin membuat makanan ini mudah ditelan saat sakit tenggorokan," tambah Dr. Li. Jika suka, kamu bisa menambahkan potongan buah segar saat sarapan yogurt.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com