5 Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 06:00 WIB
Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

2. Smoothies

Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit TenggorokanMenu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Mau sarapan praktis dan bergizi saat sakit tenggorokan? Bikin saja smoothies buah dan sayur. Dikutip dari Womens Health (27/8), ahli gizi Cynthia Li merekomendasikan paduan seledri, buah berry, dan kale.

Ketiganya rendah gula dan tinggi antioksidan yang mampu melawan penyakit. Kemudian padukan bersama jus jeruk alami yang masih ada bulirnya untuk menambah asupan serat dan vitamin C.

"Untuk orang yang sedang sakit tenggorokan karena infeksi virus, saya merekomendasikan asupan dosis tinggi vitamin C, sampai 3.000 mg per hari," tambah Dr. Favini. Lalu untuk meracik smoothies, jangan lupa tambahkan es batu yang bisa menenangkan nyeri akibat sakit tenggorokan.

3. Mashed potato

Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit TenggorokanMenu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Saat sakit tenggorokan paling enak menyantap makanan yang lembut. Seperti mashed potatoes atau kentang tumbuk yang cocok untuk sarapan. Kentang mengandung banyak vitamin C, magnesium, dan antioksidan yang bagus untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Pastikan menyantap mashed potato dalam keadaan sudah dingin. Karena kalau masih terlalu panas justru akan mencelakakan tenggorokan. Kalau mau bikin mashed potato sendiri, pilih bahan utama berupa kentang russet atau yukon gold agar hasilnya maksimal.

Supaya makin enak bisa ditambahkan mentega leleh dan beberapa bumbu atau herba lain. Misalnya lada dan bubuk rosemary yang bikin aromanya juga lebih harum.

Baca Juga: 12 Rahasia 'Mashed Potato' yang Gurih, Lembut, dan Creamy

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com