Rambut Rontok? Atasi dengan 5 Racikan Kopi Penumbuh Rambut Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 26 Agu 2020 13:00 WIB
Cara memanfaatkan kopi untuk pertumbuhan rambut secara alami Foto: iStock
Jakarta -

Selain diminum kopi juga bisa jadi perawatan untuk pertumbuhan rambut secara alami. Ada beberapa racikan kopi untuk atasi rambut rontok.

Kopi menjadi minuman terpopuler ketiga di dunia Kini makin banyak orang di dunia minum kopi. Jika diminum, kopi memberikan banyak khasiat sehat, seperti memberikan energi, mencegah depresi, hingga mengurangi gangguan fungsi otak.

Khasiat kopi tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga perawatan. Kopi dapat dimanfaatkan sebagai ramuan yang bagus untuk pertumbuhan rambut secara alami. Dalam hal ini kopi tidak diminum, melainkan dioleskan ke rambut dan kulit kepala.

Bahan yang diperlukan berupa bubuk kopi dan air. Namun, bisa juga dicampur dengan bahan alami lainnya, seperti minyak kelapa, minyak almond, yogurt hingga vitamin E. Ramuan ini dapat merangsang folikel rambut untuk tumbuh sehat.

Dilansir dari Boldsky (21/08) berikut 5 cara memanfaatkan kopi untuk perawatan pertumbuhan rambut secara alami.

1. Kopi Cair

Cara memanfaatkan kopi untuk pertumbuhan rambut secara alamiCara memanfaatkan kopi untuk pertumbuhan rambut secara alami Foto: iStock

Kamu bisa menggunakan kopi cair untuk membilas rambut. Saat membilas sambil dipijat-pijat dengan cepat. Hal tersebut dapat merangsang folikel rambut dan sangat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu hanya memerlukan 2 sdm kopi bubu dan secangkir air.

Cara membuatnya mudah, cukup diseduh seperti saat kamu menyeduh kopi biasanya. Kemudian tunggu hingga dingin, baru tuangkan ke area rambut. Lakukan seperti cara kamu berkeramas. Lalu, peras rambut agar sisa-sisa kopi terbuang.

Lakukan hal ini di seluruh bagian rambut hingga merata. Jangan lupa untuk berikan pijatan selama 3 - 5 menit. Setelah itu tutup rambut dengan topi mandi dan biarkan selama 20 - 30 menit.

Bilas rambut dengan air hangat dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Jika ingin hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Rambut Sehat dan Kulit Bersinar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3