Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Rambut Sehat dan Kulit Bersinar

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 30 Jan 2020 07:30 WIB
buah pir Foto: iStock
Jakarta -

Manfaat buah pir untuk kesehatan sangat banyak. Untuk kulit, pir bisa diracik jadi masker yang membuat kulit bersinar.

Tiap wanita mengidamkan kulit yang sehat dan bersinar. Untuk itu banyak wanita melakukan perawatan alami hingga modern. Tak jarang biaya yang dikeluarkan cukup besar.

Perawatan alami dilakukan biasnaya dengan membuat lulur mandi dengan bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayuran. dan juga bahan makanan lainnya. Ada pula yang melakukan pola hidup sehat.

Dilansir dari Times of India (28/1), ada bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat kulit Anda sehat dan bersinar. Bahan alami tersebut adalah buah pir yang manis renyah serta kaya akan vitamin.

Buah pir disebut sebagai karunia dari para Dewa, sebutan ini dituliskan dalam sebuah puisi epik pada abad ke-9 oleh The Odyssey. Buah pir sangat populer pada era Yunani Kuno dimana wanita pada era tersebut menggunakan buah pir untuk menjaga penampilan mereka.

Baca Juga: YouTuber Ini Pamerkan Keseruan Panen Apel, Pir hingga Peach Liar

Telah populer sejak era Yunani Kuno, manfaat buah pir untuk kesehatan memang banyak. Karena pir tinggi vitamin dan kandungan serat. Serat yang terkandung pada buah pir ini dapat membantu Anda dalam memperkuat metabolisme tubuh, serta meningkatkan kesehatan kulit dan juga rambut.

Berikut ini fakta menarik soal manfaat buah pir untuk kesehatan.

1. Kandungan nutrisi pada buah pir

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Rambut Sehat dan Kulit BersinarFoto: iStock

Buah pir terkenal dengan kandungan vitamin dan seratnya yang tinggi. Beberapa yang menonjol adalah kandungan vitamin C dan K. Vitamin C yang tinggi menghasilkan zat antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel-sel kulit .

2. Selain dikonsumsi, buah pir juga dijadikan sebagai masker

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah pir juga digunakan untuk masker. Anda bisa menghancurkan buah pir hingga teksturnya lembut lalu ditambahkan madu dan krim segar, barulah diaplikasikan sebagai masker.

Masker buah pir ini bisa Anda gunakan sebanyak 3 kali dalam seminggu, dan akan mengurangi timbulnya minyak pada wajah Anda. Ini dikarenakan buah pir dapat mengontrol sekresi kelenjar sebaveous yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Buah pir yang telah dihaluskan juga bisa digunakan sebagai scrub alami untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah.

Baca Juga: Buah Pir untuk Setup

3. Buah pir dapat menyehatkan rambut

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Rambut Sehat dan Kulit BersinarFoto: iStock

Manfaat buah pir untuk kesehatan juga termasuk sehatkan rambut. Kandungan vitamin C dalam buah pir mampu membuat kelembaban rambut tetap terjaga. Vitamin C yang bertindak sebagai zat antioksidan ini dapat membantu dalam menjaga setiap helaian rambut agar tetap sehat.

4. Cara memilih buah pir

Saat memilih buah pir, Anda harus memperhatikan tekstur dari buahnya. Pilihlah buah pir yang masih dalam keadaan segar dan tidak cacat. Buah pir yang dipilih tersebut tidak penyok dan juga berlubang. Cara penyimpanan buah pir pun perlu diperhatikan, lebih baik untuk menyimpannya di area yang kering, sejuk dan gelap.

5. Cara menikmati buah pir

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Rambut Sehat dan Kulit BersinarFoto: iStock

Selain disantap secara langsung, buah pir juga bisa dinikmati dengan cara lain. Seperti dibuat jus, ataupun ditambahkan ke dalam salad buah, dan juga =sebagai hidangan poached pear dengan ditambahkan madu, jahe, hingga wine.



Simak Video "Cara Unik Nikmati Sira Page Ikan Timpi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)