ADVERTISEMENT

5 Jenis Teh yang Ampuh Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak

Odilia WS - detikFood
Rabu, 26 Agu 2020 06:00 WIB
Teh Untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak
Foto: iStock

4. Teh Phu-Er untuk mengurangi massa tubuh

Teh ini populer di kalangan pencinta teh yang doyan makan enak. Dikenal reputasinya sebagai teh peluntur lemak tubuh. Berasal dari provinsi Yunnan, China teh ini merupakan teh fermentasi tradisional. Dibuat dengan proses oksidasi daun teh yang sudah dikeringkan dan dilinting.

Tahun 2016 dilakukan studi terhadap 59 orang yang kelebihan berat badan dan mereka diberi minum teh phu er tiap hari. Peneliti menemukan jika teh ini diminum setiap hari akan menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu juga mengurangi BM (body mass index).

Dalam penelitian tersebut setalh 4 hari peserta kehilangan lemak di lengan, kaki dan perut dan jumlah total massa tubuh berkurang dan mereka juga kehilangan nafsu makan.

Teh phu er sebaiknya diminum dalam bentuk teh daun. Bilas dengan ari panas lebih dahulu sebelum diseduh. Teh ini tahan disimpan puluhan tahun. Rasanya hambar dengan sedikit aroma tanah saat diseduh.

green tea - teh hijauTeh untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak Foto: iStock

5. Teh Hijau untuk percepat metabolisme

Reputasi teh hijau sebagai teh diet atau teh penurun berat badan sudah banyak dikenal orang. Riset juga memperlihatkan jika teh hijau diminum teratur bisa memicu metabolism dan mendukung penurunan berat badan.

Dalam 6 kali percobaan di luar Jepang memperlihatkan mereka yang minum teh hijau mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak, sekitara 0.2-3.5 kg. Dibandingkan yang tidak minum teh hijau.

Studi lain menunjukkan setelah minum 4 cangkir teh hijau selama 2 bulan, peserta mengalami penurunan berat badan, BMI dan lingkar pinggang. Sebaiknya minum teh hijau sepanjang hari, terutama sebelum atau saat makan untuk memicu metabolisme. Atau minum teh hijau sebelum berolahraga agar pembakaran lemak lebih efektif.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT