ADVERTISEMENT

5 Jenis Teh yang Ampuh Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak

Odilia WS - detikFood
Rabu, 26 Agu 2020 06:00 WIB
Teh Untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak
Foto: iStock

2. Teh Oolong untuk tingkatkan energi

Kurang energi membuat kamu tidak mampu berolahraga. Padahal olahraga berperan penting dalam penurunan berat badan. Teh oolong yang juga disebut sebagai 'teh naga hitam' merupakan teh terbaik untuk kurangi berat badan.

Tah ini kaya akan catechin yang juga ada di dalam teh hijau. Zat ini membantu tubuh mengurai lemak yang bisa menaikkan tingkat energi dan mempercepat lemak hilang.

Studi yang dipublikasi di Chinese Journal of Intergrative Medicine menguji pengaruh teh oolong pada penurunan berat badan pada 102 orang obesitas. Sebanyak 70% partisipan berat badannya turun 1 kg dan 22% nya kehilangan lebih dari 3 kg.

Mereka menyimpulkan jika teh oolong dapat efektif mengurangi lemak tubuh dan berat badan. Mereka menyarankan konsumsi teh ini dalam jangka panjang untuk cegah obesitas.

manfaat white teaTeh untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak Foto: GettyImages

3. Teh Putih untuk lindungi sel lemak

Tak seperti teh lainnya, teh putih atau white merupakan teh yang harganya paling banyak. Teh ini dipetik daunnya dan dijemur di bawah sinar matahari s belum dibungkus. Teh ini mengandung konsentrasi catechin dan polyphenol yang tinggi. Kedua zat ini membantu memblokir sel lemak baru berkembang.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menguji efek white tea pada sel lemak dalam tabung. Teh putih mengandung banyak EGCG (epigallocatechin gallate). Sebuah tipe catechin yang memncegah pembentukan sel-sel lemak yang bisa membantu menurunkan berat badan. EGCG juga membantu mempercepat metabolisme lemak yang memberi energi dalam tingkat lebih tinggi.

Teh putih atau white tea akhir-akhir ini populer karena khasiatnya yang mampu penurunan berat badan. Karena dipetik dari 2-3 pucuk teratas daun teh, warnanya putih keperakan dan dikenal sebagai silver needle. Karenanya harganya cukup mahal.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT