5 Khasiat Kentos Kelapa, Menyehatkan Mata dan Jantung

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Agu 2020 12:30 WIB
Kentos kelapa Foto: iStock
Jakarta -

Buah kelapa sangat bermanfaat, termasuk juga kentos kelapa di dalamnya yang kaya akan nutrisi, menyehatkan mata dan jantung.

Pernahkah kamu melihat bola kecil saat membelah kelapa? Bola kecil itu dikenal dengan sebutan kentos kelapa atau tombong kelapa. Kentos kelapa merupakan embrio kelapa yang biasanya terdapat dalam buah kelapa yang sudah tua.

Kentos kelapa tersebut aman untuk dikonsumsi. Rasanya perpaduan antara manis dan gurih dengan teksturnya yang lembut. Kentos kelapa kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin D, omega 3, serat dan masih banyak lagi.

Karenanya dengan mengonsumsi kentos kelapa kamu akan mendapatkan khasiat kesehatannya. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, mata, sistem pencernaan hingga menjaga berat badan.

Berikut 5 khasiat kentos kelapa untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kentos kelapaKentos kelapa Foto: iStock

Khasiat kentos kelapa yang dapat menjaga kesehatan jantung ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di India Journal of Pharmaceutical Science. Para peneliti saat itu melakukan uji coba dengan melibatkan tikus.

Dalam penelitian tersebut penelitian menemukan kentos kelapa memiliki sifat kardioprotektif dan kaya akan antioksidan. Kedua kandungan tersebut secara signifikan dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung. Lebih lanjut, para peneliti juga menyebut bahwa kentos kelapa sangat baik dikonsumsi bagi yang memiliki masalah jantung.

Selain itu, kentos kelapa juga mengandung asam lemak tak jenuh. Kandungan tersebut berperan mengatasi kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, risiko penyakit jantung akan lebih kecil menyerang tubuh.

Baca Juga : Tak Kalah dengan Kelapa Muda, Air Kelapa Tua Juga Kaya Manfaat

2. Sumber Energi

Kentos kelapaKentos kelapa Foto: iStock

Kentos kelapa kaya akan nutrisi, salah satunya adalah karbohidrat. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan adanya kandungan karbohidrat dalam kentos kelapa sebanyak 66%. Tingginya karbohidrat tersebut bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh.

Lebih lanjut, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry tersebut menjelaskan bahwa kandungan karbohidrat dalam kentos kelapa sangat dibutuhkan sebagai sumber energi bayi. Ketika dikonsumsi, nantinya karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa.

Nah, glukosa tersebutlah akan menjadi bahan bakar utama yang mengalir dalam darah dan otak setiap saat. Kentos kelapa juga mengandung omega 3 yang dapat meningkatkan pertumbuhan otak terutama pada anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]