Sebelum Olahraga, Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Agu 2020 07:00 WIB
Makanan yang harus dihindari sebelum olahraga Foto: iStock

2. Kacang

Makanan yang harus dihindari sebelum olahragaMakanan yang harus dihindari sebelum olahraga Foto: iStock

Kacang memang pilihan makanan sehat, itu karena kandungan lemak sehatnya. Namun, kacang bukan pilihan makanan yang bagus dikonsumsi sebelum berolahraga. Mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti kacang sebelum olahraga dapat mengganggu olahraga..

Itu karena lemak yang terkandung dalam kacang akan memperlambat pencernaan. Jika semakin banyak kandungan lemak dalam makanan, maka semakin lama makanan itu dapat dicerna. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk olahraga karena bisa memberikan energi.

Karenanya, makanan harus dicerna terlebih dahulu, jadi bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk berolahraga. Kalau kamu ingin makan makanan berlemak sebelum olahraga, kamu bisa mengonsumsinya 1,5 hingga 2 jam sebelum olahraga.

3. Makanan Pedas

Makanan yang harus dihindari sebelum olahragaMakanan yang harus dihindari sebelum olahraga Foto: iStock

Makan makanan pedas mungkin bisa membangkitkan selera makan. Rasa pedas yang ditimbulkan karena kandungan capsaicin bahkan bisa memberikan khasiat kesehatan tertentu. Namun, mengonsumsi makanan pedas sebelum olahraga sebaiknya harus dihindari.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini harus dihindari. Pertama, makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang nantinya akan membuat perut menjadi mulas dan mengganggu aktivitas olahraga.

Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan kram perut yang menyiksa. Jika kebiasaan makan makanan pedas sebelum olahraga masih dilakukan, kamu bisa mengalami gangguan pencernaan yang lebih serius.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com