Apa Benar Sarapan Nasi Bikin Gemuk? Cek 5 Fakta Soal Nasi Ini

ADVERTISEMENT

Nasi Nusantara Autentik

Apa Benar Sarapan Nasi Bikin Gemuk? Cek 5 Fakta Soal Nasi Ini

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 19 Agu 2020 06:00 WIB
Fakta kesehatan makan nasi
Fakta sehat makan nasi Foto: iStock

4. Sehatkah Sarapan Nasi Setiap Hari?

Fakta kesehatan makan nasiFakta kesehatan makan nasi Foto: iStock

Banyak orang Indonesia yang memilih untuk makan nasi saat sarapan. Namun, tak sedikit juga yang bertanya-tanya tentang efek sarapan nasi. Nasi mengandung karbohidrat yang bisa jadi sumber energi untuk tubuh.

Dilansir dari iFood, sarapan dengan karbohidrat yang cukup bisa membuat fungsi otak bekerja lebih baik. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Prof. Dr. dr. I Made Djaja, SKM, MSc dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Menurutnya makan nasi di pagi hari bisa saja dilakukan asalkan porsinya diatur dan diperhatikan. Selain itu juga harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya seperti sayuran.

"Karbohidrat yang masuk ketika makan di pagi, siang atau malam hari harus seimbang. Jangan sampai karbohidrat yang masuk jumlahnya melebihi kapasitas tubuh," ujarnya.

Baca Juga : Sehatkah Sarapan Nasi Tiap Hari?

5. Makan Nasi yang Dihangatkan Berjam-jam di Magic Jar Berbahaya?

nasi putihnasi putih Foto: iStock

Banyak orang yang menghindari makan nasi yang telah dihangatkan berjam-jam di magic jar atau rice cooker. Hal itu karena ada ungkapan yang menyebut bahwa nasi yang dihangatkan di magic jar berjam-jam dapat berbahaya. Benarkah demikian?
Menurut Pakar Gizi Jansen Ongko, MSc, RD tidak ada efek signifikan terkait dengan jangka waktu pemanasan nasi dengan kesehatan. Ia menyebut bahwa selama nasi tidak terkontaminasi dan disimpan dengan baik, maka nasi aman untuk dikonsumsi.

Lebih lanjut, Jansen juga menjelaskan bahwa nasi yang dihangatkan memang bisa meningkatkan indeks glikemik (IG). Nasi dalam kondisi tersebut hanya perlu dihindari untuk orang yang menderita diabetes.



Simak Video "Chillax, Tempat Nongkrong ala Eropa di Sudirman yang Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT