Nasi Nusantara Autentik

Apa Benar Sarapan Nasi Bikin Gemuk? Cek 5 Fakta Soal Nasi Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 19 Agu 2020 06:00 WIB
Fakta kesehatan makan nasi Fakta sehat makan nasi Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang selalu sarapan dengan nasi dan lauk. Sementara ada juga yang menyebut bahwa sarapan nasi bikin gemuk. Ini faktanya.

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Bahkan orang Indonesia selalu beranggapan kalau tidak makan nasi namanya belum makan. Makan nasi memang mengenyangkan, tetapi jika tidak sesuai anjuran, makan nasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti diabetes hingga kegemukan.

Kegemukan merupakan masalah yang paling banyak dialami. Karenanya, makan nasi juga ada aturannya. Seperti waktu makan nasi yang terbaik, jenis nasi, jumlah atau porsi per kali santap.

Sarapan nasi sudah dilakukan orang Indonesia dan Asia sejak berabad silam. Karenanya simak 5 fakta soal nasi ini agar bisa mengonsumsi dengan takaran pas dan waktu yang tepat.

1. Porsi yang Ideal Makan Nasi

Fakta kesehatan makan nasiFakta kesehatan makan nasi Foto: iStock

Makan nasi bisa mengakibatkan dua dampak, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Hal itu tergantung dengan seberapa banyak porsi makan nasi. Makan nasi memang menyehatkan. Kandungan karbohidrat di dalamnya bisa memberikan energi.

Namun, jika dimakan dalam porsi yang banyak karbohidrat tersebut akan berubah menjadi gula yang bisa memicu penyakit diabetes. Dilansir dari Cosmopolitan, porsi makan nasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya wanita yang ingin mempertahankan berat badan bisa makan nasi sebanyak 104 gram per porsi. Untuk wanita yang ingin menurunkan berat badan dianjurkan makan nasi 37 gram per porsi. Wanita dan pria memiliki porsi yang berbeda.

Untuk pria yang ingin mempertahankan berat badan bisa makan hingga 130 gram per porsi. Sementara untuk pria yang ingin menurunkan berat badan bisa makan sebanyak 50 gram nasi per porsi. Baik wanita dan pria dianjurkan tidak makan nasi lebih dari tiga porsi dalam sehari.

Baca Juga : Agar Tak Gendut, Ini Waktu Paling Tepat untuk Makan Nasi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sedap Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang Pulen"
[Gambas:Video 20detik]