Kalori Nasi Goreng vs Kalori Nasi Putih Telur Ceplok, Mana yang Lebih Banyak?

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 08:00 WIB
telur Kalori nasi goreng dan nasi putih telur ceplok. Foto: Getty Images/iStockphoto/mingman
Jakarta -

Kalori nasi goreng dan kalori nasi putih telur ceplok apakah sama saja atau berbeda? Yang pasti kalau dilihat dari penggunaan bahan baku, kedua hidangan ini tentu agak berbeda.

Nasi goreng dibuat dengan nasi putih yang dipadukan dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri serta garam dan cabai. Nasi goreng juga biasanya dipadukan dengan telur, suwiran ayam hingga sayuran seperti kol dan sawi.

Sedangkan nasi putih telur ceplok hanya dibuat dengan nasi putih biasa yang dipadukan dengan telur ceplok dan sedikit garam dan lada.

Nah, mari kita hitung banyaknya kalori dua jenis hidangan ini. Kalori nasi putih dengan berat sekitar 150 gram kira-kira sebesar 270 kkal. Lalu sebutir telur yang dimasak dengan cara diceplok memiliki kalori sebesar 138 Kkal. Sehingga kalori nasi putih telur ceplok sebesar 408 Kkal.

telurtelur Foto: Getty Images/iStockphoto/mingman

Sedangkan seporsi nasi goreng dengan 150 gram nasi, 1 butir telur, 15 gram suwiran ayam serta 20 gram sawi mengandung kalori sebesar 449,2 Kkal.

telurNasi goreng. Foto: Getty Images/iStockphoto/mingman

Ternyata besar kalori nasi putih telur ceplok lebih kecil dibandingkan dengan kalori nasi goreng telur. Kalau kamu pilih yang mana detikers?



Simak Video "Unik! Nasi Goreng Tembakau Khas Temanggung"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)