Sarapan Orang Kantoran

Ini Kalori Seporsi Nasi Uduk dan Nasi Goreng, Pilih Mana?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 29 Mar 2019 13:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran
Jakarta - Nasi uduk dan nasi goreng identik dengan menu sarapan. Lebih sedikit kalorinya yang mana ya? Nasi uduk komplet atau nasi goreng? Cek yuk!

Sarapan jadi waktu yang tepat untuk memulai hari. Nasi uduk dengan paduan lauk dan kerupuk sangat pas dinikmati untuk sarapan. Selain itu, nasi goreng yang mudah dibuat di rumah ternyata juga jadi favorit banyak orang kantoran untuk sarapan.

Nasi uduk yang dijual di sekitar perkantoran umumnya adalah nasi uduk khas Betawi. Rasanya gurih dengan aroma daun salam yang nikmat. Diberi lauk pelengkap seperti bihun goreng, ayam goreng, telur dadar, telur balado, semur tahu dan kerupuk.

Ini Kalori Seporsi Nasi Uduk atau Nasi Goreng, Pilih Mana?Foto: iStock

Seporsi nasi uduk dengan isian bihun goreng, orek tempe dan kerupuk ternyata mengandung kalori yang cukup banyak. Satu porsi nasi uduk dengan takaran nasi sekitar 150 gram mengandung 435,2 kalori, 8,17 gram protein, 9,89 gram lemak, 60,8 gram karbohidrat dan 1,92 gram serat.

Baca juga: Hujan-hujan Enaknya Sarapan Nasi Goreng yang Bikin Hangat dan Kenyang

Jika ditambahkan dengan sebutir telur balado kalorinya menjadi 572,6 kalori, 15,61 gram protein, 16,37 gram lemak dan 61,22 gram karbohidrat.

Sedangkan untuk nasi goreng ternyata kalorinya lebih sedikit daripada nasi uduk. Namun, ini tergantung dengan lauk apa yang Anda campurkan ke dalamnya ya.

Ini Kalori Seporsi Nasi Uduk atau Nasi Goreng, Pilih Mana?Foto: iStock

Dalam satu porsi nasi goreng putih yang terdiri dari 150 gr nasi putih, 35 gr sawi hijau, 45gr (1 butir) putih telur ayam dengan lalapan selada, mentimun. Kalorinya adalah 350 Kkal, protein sebesar 9,3 gr, lemak 5,5 gr, dan serat 1,5 gr.

Jadi misalnya setiap hari asupan kalori Anda adalah 1.600 kkal, berarti Anda bisa makan sebanyak 400 kkal di pagi hari.

Kalau asupan kalori harian Anda sebesar 2.100 kkal, Anda boleh menyantap sarapan hingga 600 kkal.

Baca juga: Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga Lonsay (lus/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran
Breaking News
×
Putusan Sengketa Pilpres 2019
Putusan Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya