Ingin Tubuh Berotot? Tak Perlu Diet Ketat, Konsumsi Saja 7 Makanan Pembentuk Otot Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 09:15 WIB
Makanan pembentuk otot Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Ingin tubuh berotot? Makanan pembentuk otot ini bisa jadi pilihan asupan sehari-hari. Ada telur hingga dada ayam yang populer.

Memiliki perut, lengan, atau paha berotot jadi idaman banyak orang. Adanya otot membuat tubuh terlihat lebih berisi dan atletis. Untuk mendapatkannya, secara khusus orang-orang jalani latihan fisik yang bisa membentuk otot.

Faktanya latihan fisik saja tak cukup. Mereka yang ingin membentuk otot harus mengonsumsi makanan yang tepat. Pilihlah makanan tinggi protein dan kalori. Tapi usahakan pilih sumber protein yang rendah lemak, nutrisinya lengkap, dan mudah diserap tubuh. Selain itu, imbangi dengan konsumsi lemak dan karbohidrat sehat untuk dijadikan sumber energi.

Baca Juga: Kondisi Terkini Cita Citata yang Drop karena Diet

Healthline (11/8) merangkum 7 sumber makanan pembentuk otot yang bisa kamu coba. Mengonsumsinya secara rutin juga disarankan karena makanan ini mengandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh.

1. Telur

Diet telur rebusFoto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Makanan pembentuk otot yang populer adalah telur. Biasanya binaragawan mengonsumsi puluhan telur setiap hari. Ini karena telur mengandung protein kualitas tinggi, lemak sehat, dan nutrisi penting lain seperti vitamin B dan kolin.

Protein sendiri terbuat dari asam amino, dan telur mengandung asam amino leusin dalam jumlah banyak. Secara khusus asam amino ini bisa membentuk otot. Sementara vitamin B berperan penting untuk produksi energi tubuh.

2. Salmon
Jadi primadona makanan sehat, salmon juga bagus dikonsumsi kamu yang mau punya tubuh berotot. Tiap 85 gram salmon mengandung sekitar 17 gram protein, hampir 2 gram asam lemak omega 3, dan beberapa vitamin B penting.

Asam lemak omega 3 berperan penting untuk menjaga kesehatan otot. Sekaligus bisa meningkatkan massa otot selama latihan fisik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]